RANCANGAN SISTEM PENYANGGAAN PADA UNDERGROUND BELINAU DI PT. DWINAD NUSA SEJAHTERA–SUMATRA COPPER AND GOLD MUSI RAWAS UTARA SUMATERA SELATAN

PURNAMASARI, INDIRA INTAN (2018) RANCANGAN SISTEM PENYANGGAAN PADA UNDERGROUND BELINAU DI PT. DWINAD NUSA SEJAHTERA–SUMATRA COPPER AND GOLD MUSI RAWAS UTARA SUMATERA SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan_indira.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Pengembangan metode shrinkage stoping pada underground Belinau dilakukan dengan pembuatan akses lubang bukaan hangingwall drive, drawpoint access dan ore drive. Pembuatan lubang bukaan pada penambangan bawah tanah Belinau menyebabkan terjadinya induksi tegangan pada massa batuan di sekitar lubang bukaan yang memungkinkan terjadinya runtuhan. Lokasi penelitian dilakukan pada underground Belinau di mainvein drive level 7 dan level 8. Penelitian dilakukan pada lubang bukaan dengan pendekatan massa batuan dengan metode Hoek-Brown (2002). Penentuan klasifikasi massa batuan pada penelitian ini menggunakan metode rock mass rating dan q-system. Permodelan pada finite element method dilakukan berdasarkan sifat fisik dan sifat mekanik batuan uji laboratorium. Pada lokasi penelitian, bentuk runtuhan yang ditemukan adalah runtuhan bidang karena lokasi penelitian berada di mainvein drive dengan arah penambangan mengikuti arah vein. Faktor seismik yang diberkan terhadap dinding lubang bukaan sebesar 0,251 didasarkan pada Peta Gempa Indonesia, sedangkan faktor getaran dan beban akibat aktifitas penambangan tidak diperhitungkan. Permodelan diawali pada kondisi natural yaitu sebelum dilakukan metode tambang terbuka. Dinding lubang bukaan di anggap stabil jika memenuhi strength factor ˃ 1. Berdasarkan hasil analisis kestabilan lubang bukaan, maka sistem penyanggaan yang dibutuhkan pada mainvein drive level 7 adalah rockbolting panjang 1,5 meter, jumlah rockbolt 4,dan spasi rockbolt 1,8. Pada mainvein drive level 8 dibutuhkan sistem penyanggaan dengan rockbolt jumlah 4 buah, panjang 1,5 meter, spasi rockbolt 1,7, serta pada sublevel bolt yang dibutuhkan memiliki panjang 1,5, jumlah 2 buah, serta spasi pemasangan bolt 1,3 m. .

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Jan 2018 02:26
Last Modified: 23 Jan 2018 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item