SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL DALAM UPAYA MEMINIMALISIR HUMAN TRAFFICKING (STUDI YAYASAN KUSUMA BONGAS KECAMATAN BONGAS KABUPATEN INDRAMAYU JAWA BARAT)

Damayanti, Yuana Rachma (2018) SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL DALAM UPAYA MEMINIMALISIR HUMAN TRAFFICKING (STUDI YAYASAN KUSUMA BONGAS KECAMATAN BONGAS KABUPATEN INDRAMAYU JAWA BARAT). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN FIX.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK FIX.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang sosialisasi dan implementasi program life skill Yayasan Kusuma Bongas Kecamatan Bongas meminimalisir human trafficking. Tujuan penelitian ini mengetahui dan menjelaskan Sosialisasi dan Implementasi Program Life Skill meminimalisir Human Trafficking di Yayasan Kusuma Bongas Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu Jawa Barat dan kendala dalam Sosialisasi dan Implementasi Program Life Skill. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses komunikasi Yayasan Kusuma Bongas melalui teknik komunikasi informatif dan komunikasi persuasif dengan pendekatan komunikasi interpersonal dan pendekatan kelompok. 2) Hasil dari sosialisasi berjalan dengan lancar karena banyak korban human trafficking yang dibina yayasan Kusuma Bongas untuk mengikuti pelatihan. 3) Implementasi meliputi tahap persiapan yang dilakukan untuk menyusun rencana pelaksanaan kegiatan mulai dari perencanaan, pendaftaran peserta, serta pemenuhan kelengkapan yang diperlukan. Tahap pelaksanaan dengan pelatihan memasak dan menjahit. Tahap evaluasi dengan melaksanakan evalusi yang dilakukan satu bulan sekali. Hasil program life skills dapat membantu korban human traficking dalam memenuhi kebutuhan keluarga, dengan memasak dan menjahit korban human traficking tidak melakukan pekerjaannya kembali. Program life skill yang diadakan dapat meminimalisir human traficking terlihat terjadinya penurunan human traficking dilihat dari data pada tahun 2014 terdapat 15 kasus, pada tahun 2015 terdapat 11 kasus dan tahun 2016 6 kasus, sampai dengan bulan Agustus tahun 2017 terdapat 3 kasus. Kendala sosialisasinya ketika proses sosialisasi yaitu karena kader masih berstatus sekolah sulit membagi waktu untuk melakukan sosialisasi dengan korban dan kendala implementasinya yaitu karena kurangnya modal dalam yayasan. Kata Kunci: Sosialisai, Implementasi, Human Trafficking

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:15
Last Modified: 19 Jan 2018 04:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14286

Actions (login required)

View Item View Item