SISTEM INFORMASI KEUANGAN DESA MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF (Studi Kasus : Pemerintahan Desa Triwidadi Pajangan, Kabupaten Bantul)

Hidayat, Rizky (2018) SISTEM INFORMASI KEUANGAN DESA MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF (Studi Kasus : Pemerintahan Desa Triwidadi Pajangan, Kabupaten Bantul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
cover.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (438kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK Proses pengelolaan keuangan desa sangat berpengaruh bagi suatu kegiatan pemerintahan desa. Pengelolaan keuangan yang masih dilakukan secara manual sering terjadi hambatan dan kurang efisiennya waktu yang diperlukan. Seperti halnya proses pengelolaan keuangan di lingkungan pemerintahan desa Triwidadi Pajangan Bantul, masih ditemukan hambatan dan beberapa masalah yang bersifat mendasar. Sehingga memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, diharapkan akan menghasilkan efisiensi dalam proses pengelolaan keuangan. Analisis perencanaan dan perancangan dalam membangun sistem dilakukan dengan memanfaatkan enterprise architecture. Digunakannya enterprise architecture untuk memperoleh efektifitas desain dan pengembangan arsitektur dalam memenuhi kebutuhan tujuan organisasi. Sehingga dalam prosesnya memilih salah satu enterprise architecture, yaitu Framework Togaf. Pemilihan Framework Togaf berdasarkan kelebihan dibandingkan dengan enterprise architecture lainnya, dimana Framework Togaf lebih lengkap dan bersifat fleksibel. Penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi keuangan desa yang didalamnya memuat proses penyusunan RAB sampai dengan tahap realisasi. Selain itu juga memuat proses cetak laporan beserta lengkap pencatatan kode rekening, guna mendorong pemerintahan yang transparan dan disiplin anggaran. Hasil penelitian juga telah di ujicobakan. Hasilnya pada uji coba yang dilakukan para developer (alpha test), didapatkan hasil sebesar 91% Sangat Setuju (SS) dan Setuju (S) terhadap pernyataan kuesioner, sehingga dapat disimpulkan bahwa fitur dan fasilitas yang terdapat dalam sistem minim dari error dan dapat diteruskan untuk penggunaan terhadap end user. Kata kunci: Framework Togaf, Pengelolaan Keuangan, Pemerintah Desa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:27
Last Modified: 19 Jan 2018 03:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item