GEOLOGI DAN KAJIAN ZONASI RAWAN GERAKAN MASSA DAERAH SELOPAMIORO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Setiadi, Ramadhan (2018) GEOLOGI DAN KAJIAN ZONASI RAWAN GERAKAN MASSA DAERAH SELOPAMIORO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

SARI Tujuan penelitian adalah mengkaji zonasi rawan gerakan massa daerah Selopamioro dan sekitarnya. Sedangkan secara administratif daerah penelitian masuk ke dalam Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (Geografis-WGS84-Zona 49S) 110⁰21’37.256” BT - 110⁰24’20.339” BT dan 7⁰56’33.146” LS – 7⁰59’16.199” LS. Metodologi penelitian ini berdasarkan pemetaan geologi permukaan berupa pengukuran persebaran satuan batuan berdasarkan aspek litologi dan stratigrafi. Pada lapangan dilakukan pengukuran kedudukan batuan, struktur geologi, analisa megaskopis batuan, serta pembagian jenis batuan. Pada studio dilakukan analisis stereografis struktur geologi, analisa petrografi, analisa paleontologi, pembuatan peta penelitian berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis) yang akan menghasilkan peta zonasi rawan gerakan massa dengan parameter curah hujan, kelerengan, jenis batuan, penggunaan lahan, dan jarak patahan. Hasil penelitian berupa peta geomorfologi dengan pembagian bentuk lahan Satuan Bentuk Lahan Perbukitan Homoklin (S1), Lembah Homoklin (S2), Perbukitan Karst (K1), Dolina (K2), Tubuh Sungai (F1), Dataran Alluvial (F2), Dataran Fluvio Vulkanik (V1) dan Bukit Terisolir (D1). Peta geologi membagi stratigrafi daerah penelitian empat satuan dari tua ke muda, breksi Nglanggeran berumur Miosen Awal – Miosen Tengah (N5-N9), batupasir Sambipitu berumur Miosen Awal – Miosen Tengah (N7-N9), batugamping Wonosari berumur Miosen Tengah – Miosen Akhir (N13-N16) serta endapan aluvial berumur Recent. Peta zonasi rawan gerakan massa daerah penelitian membagi tiga zona rawan gerakan massa, yaitu zona rendah di Desa Sriharjo hingga Desa Srihardono pada daerah sepanjang aliran Sungai Oyo dan Sungai Opak; zona sedang tersebar merata di seluruh lokasi penelitian pada morfologi lembah dan perbukitan di Kecamatan Imogiri; zona tinggi tersebar merata pada morfologi perbukitan dan lembah di Kecamatan Imogiri Kata Kunci : gerakan massa, zonasi, Imogiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:11
Last Modified: 19 Jan 2018 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14276

Actions (login required)

View Item View Item