PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PESAN MAKNA SIMBOLIK UPACARA WUAT WAI DALAM ADAT MANGGARAI (Analisis Deskriptif Pemahaman Mahasiswa Perantau Dari Manggarai Di kabupaten Sleman - Yogyakarta)

JUMPA, OKTAVIANUS FORENSAMIDI (2018) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PESAN MAKNA SIMBOLIK UPACARA WUAT WAI DALAM ADAT MANGGARAI (Analisis Deskriptif Pemahaman Mahasiswa Perantau Dari Manggarai Di kabupaten Sleman - Yogyakarta). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap upacara Wuat Wai berdasarkan makna simbolik yang terkandung didalamnya dan memahami makna simbol dalam upacara Wuat Wai suku Manggarai. Pada dasarnya metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu sebuah penelitian yang berusaha memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti yang bertujuan membuat deskriptif atau gambaran secara sistematis dan aktual mengenai fakta-fakta yang ada. Pemilihan informan dilakukan berdasarkan teknik purposif, karena tidak adanya kerangka sampling dari seluruh unsur-unsur yang terdapat dalam populasi tersebut. Dalam hal ini subjek akan dipilih secara purposif sesuai dengan keperluan karena yang digali dalam penelitian ini adalah kedalaman informasi, bukan kuantitas responden. Informan tersebut berjumlah 10 orang. secara khusus mereka yang dianggap memahami betul dan dapat memberikan informasi yang benar berkaitan dengan masalah peneliti. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berdasarkan pedoman wawancara. Hasil wawancara dan observasi tersebut kemudian digambarkan dalam bab pembahasan serta kajian literature yang berkenaan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari persepsi dan pemahaman mahasiswa perantauan Manggarai di Yogyakarta, Upacara Wuat Wai harus tetap ada. Walaupun pelaksanaan upacara Wuat Wai biasanya terjadi karena adanya tuntutan keluarga untuk diadakannya dan untuk menaikkan status dengan mempertahankan prestise. Upacara Wuat Wai bisa menciptakan rasa kebersamaan baik itu melalui gotong-royong dan kerja sama serta mempersatukan dan mempertemukan keluarga yang lama belum bertemu. Selain itu upacara Wuat Wai merupakan fondasi arahan yang baik bagi anak yang ingin merantau. Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Wuat Wai, makna simbolik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:32
Last Modified: 19 Jan 2018 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item View Item