PENGEMBANGAN TEKNOLOGI SINGLE ACCOUNT MENGGUNAKAN WEB SERVICE DAN LIGHTWEIGHT DIRECTORY ACCESS PROTOCOL (LDAP) (STUDI KASUS : MOODLE DAN WORDPRESS)

Syaputra, Hendra Arya (2018) PENGEMBANGAN TEKNOLOGI SINGLE ACCOUNT MENGGUNAKAN WEB SERVICE DAN LIGHTWEIGHT DIRECTORY ACCESS PROTOCOL (LDAP) (STUDI KASUS : MOODLE DAN WORDPRESS). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover Tugas Akhir.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Peguji.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta memiliki sistem informasi antara lain : Computer Base Information System (CBIS), E-Learning (Moodle), Eprints, dan lain sebagainya. Sistem informasi yang ada di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta memiliki username dan password yang berbeda untuk masuk ke setiap aplikasi, misalnya E-Learning (Moodle) mempunyai user account sendiri begitupun yang menggunakan Wordpress. Hal ini menyebabkan banyaknya pengguna yang lupa dengan username dan password yang dimiliki, sehingga membuat pengguna merasa tidak nyaman. Dalam memberikan kemudahan pada pengguna, maka dibutuhkan sistem yang dapat mengakomodir pengguna untuk hanya cukup menggunakan satu user account terutama dalam mengintegrasikan aplikasi E-Learning (Moodle) dan Wordpress dengan memanfaatkan teknologi single account menggunakan web service dan LDAP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi pustaka, observasi lapangan, wawancara, dan pengambilan data, sedangkan metodologi pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode System Development Life Cycle (SDLC). Studi pustaka menggunakan tahap pembelajaran berdasarkan referensi jurnal dan buku-buku yang terkait pada penelitian ini. Dalam perancangan sistem single account menggunakan sistem operasi linux Ubuntu server, web service yang digunakan sebagai portal single account, dan LDAP server yang digunakan untuk menyimpan data username dan password yang terdapat didalam sistem yang terpusat. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem single account berbasis web service dengan menggunakan LDAP server. Web service digunakan sebagai portal single account yang dimana lewat portal untuk login ke aplikasi E-learning (Moodle) dan Wordpress. Sedangkan untuk user account yang digunakan untuk login ke aplikasi E-Learning dan Wordpress menggunakan data dari LDAP server yang terpusat. Katakunci : Web Service, Single Account, LDAP, E-Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:19
Last Modified: 19 Jan 2018 02:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14262

Actions (login required)

View Item View Item