PENINGKATAN INFILTRASI DENGAN METODE LUBANG RESAPAN BIOPORI DI PERMUKIMAN PAREMPENG DAERAH PERTAMBANGAN PT. ANTAM Tbk. UBPE PONGKOR, KECAMATAN NANGGUNG, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

Ismiyana, Yuni (2018) PENINGKATAN INFILTRASI DENGAN METODE LUBANG RESAPAN BIOPORI DI PERMUKIMAN PAREMPENG DAERAH PERTAMBANGAN PT. ANTAM Tbk. UBPE PONGKOR, KECAMATAN NANGGUNG, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

INTISARI Program peningkatan laju infiltrasi dilakukan PT ANTAM Tbk UBPE Pongkor dengan metode lubang resapan biopori di Perumahan Parempeng ANTAM yang merupakan kepedulian perusahaan terhadap kondisi lingkungan yang dapat diakibatkan oleh air limpasan. Dampak air limpasan yang besar yaitu menimbulkan banjir terutama di kawasan hilir dan ketersediaan air tanah semakin menipis untuk pemenuhan kebutuhan makhluk hidup. Oleh sebab itu, maka perlu mengkaji lubang resapan biopori berkaitan dengan letak, dimensi, serta efektivitas lubang resapan biopori dalam mereduksi run-off untuk mendukung optimalisasi laju infiltrasi dengan cara merekomendasikan desain tata letak dan pengelolaan lubang resapan biopori. Metode penelitian yang digunakan yaitu mengumpulkan data sekunder dan data primer untuk dipetakan dan dianalisis. Mengumpulkan data sekunder berupa peta dan hasil penelitian terdahulu. Melakukan survei, pemetaan lapangan dan mengambil sampel dengan metode purposive sampling untuk memperoleh data primer. Mengukur curah hujan pada satu titik pengamatan dan infiltrasi pada dua belas titik dengan kemiringan lereng dan tutupan lahan yang berbeda. Langkah selanjutnya yaitu memetakan dan menganalisis hasil pengamatan lapangan untuk memperoleh jumlah kebutuhan lubang resapan biopori sehingga dapat digunakan untuk mendesain tata letak lubang resapan biopori. Analisis hasil penelitian menyatakan Perumahan Parempeng ANTAM adalah lahan yang cocok diterapkan lubang resapan biopori (total bobot 250). Efektivitas reduksi run-off mencapai 37,792 % dan membutuhkan 1654 lubang resapan biopori. Rekomendasi desain tata letak lubang resapan biopori yang dimodifikasi mengggunakan tambahan kain kasa/saringan dan senar pancing serta menanaman rumput “gajah mini”. Kata kunci: Air, Infiltrasi, Limpasan, Lubang Resapan Biopori.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:52
Last Modified: 17 Jan 2018 02:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14217

Actions (login required)

View Item View Item