GEOLOGI DAN ANALISA KESTABILAN LERENG UNTUK REKOMENDASI TAMBANG TERBUKA PT SURYA WATU KENCANA DAERAH HARGOTIRTO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DIY

ARDI, ERVA SETYA (2018) GEOLOGI DAN ANALISA KESTABILAN LERENG UNTUK REKOMENDASI TAMBANG TERBUKA PT SURYA WATU KENCANA DAERAH HARGOTIRTO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DIY. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Kelerengan merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam menjamin keamanan dan kelancaran suatu operasi pertambangan. Karena kegiatan pertambangan tidak akan lepas dari keberadaan lereng pada daerah di dalam tambang maupun lokasi-lokasi lain, seperti jalan tambang, stockpile, dan sebagainya. Lokasi penelitian termasuk dalam kawasan ijin usaha tambang PT. Surya Watu Kencana daerah Dusun Sebatang Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Secara geografis berada di koordinat 396699 mE - 401699 mE dan 9132621 mN - 9137621 mN UTM WGS 84 zona 49S. Secara Gemorfologi daerah penelitian dibagi atas tiga bentuklahan berupa Lereng Vulkanik (V1) Kerucut Vulkanik (V2) dan Waduk (A1). Stratigrafi daerah telitian dibagi menjadi empat satuan, urutan satuan batuan dari yang paling tua adalah satuan lava-andesit Kaligesing, satuan breksi-vulkanik Kaligesing, intrusi andesit, dan satuan endapan aluvial. Struktur geologi yang berkembang adalah sesar mendatar kiri berarah Barat Laut – Tenggara. Dan kekar dengan arah umum Barat Laut – Tenggara. Berdasarkan analisis dengan metode SMR dan RMR, maka direkomendasikan lereng tambang terbuka dengan kemiringan sudut lereng keseluruhan (overall slope) 65°. Lereng yang direkomendasikan pada lereng tunggal (single slope) memiliki lebar jenjang 3 meter dengan tinggi lereng 10 meter dan sudut tiap lereng tunggal 81°. Litologi lereng didominasi oleh andesit, dengan berat jenis 2,6 gr/cm3 dan kuat tekan 123 Mpa. Kata kunci : lereng, slope rating, kinematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jan 2018 07:16
Last Modified: 16 Jan 2018 07:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item View Item