PENGENDALIAN PERSEDIAAN KOMPONEN SUKU CADANG RADAR PESAWAT HERCULES BERDASARKAN KEANDALAN (Studi Kasus Pada Sathar 23 Depohar 20 Koharmatau)

TARIGAN, ROBINSON (2017) PENGENDALIAN PERSEDIAAN KOMPONEN SUKU CADANG RADAR PESAWAT HERCULES BERDASARKAN KEANDALAN (Studi Kasus Pada Sathar 23 Depohar 20 Koharmatau). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lbr tarigan.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Persediaan komponen suku cadang Radar APS-133(V) pesawat Hercules Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang diperuntukkan sebagai komponen pengganti apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut, maka permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana mengendalikan persediaan komponen tersebut, agar total biaya persediaan yang timbul menjadi minimal dengan tetap memperhatikan terjaminnya ketersediaan dari persediaan komponen tersebut. Terkait dengan pengendalian persediaan komponen suku cadang Radar APS- 133(V) pesawat Hercules, maka motode yang digunakan untuk pengendalian persediaan dari komponen tersebut adalah model persediaan dasar Q-sistem yang dikembangkan dengan mempertimbangkan keandalan dari komponen tersebut, dengan tujuan terpenuhinya kebutuhan komponen selama periode perencanaan, diperolehnya jumlah komponen suku cadang optimal yang akan dipesan untuk setiap kali dilakukan pemesanan, diketahuinya kapan saat yang tepat untuk melakukan pemesanan ulang dari komponen tersebut dan diperolehnya biaya persediaan yang minimal dengan ketersediaan persediaan dari komponen tersebut tetap terjamin. Berdasarkan hasil analisis dari pengolahan data diperoleh bahwa waktu kerusakan dari komponen tersebut berdistribusi eksponensial dengan laju kerusakan konstan, h(t) = 0,0010562. Keputusan optimal untuk meminimalkan biaya persediaan dan tercapainya ketersediaan yang tinggi, maka proses perencaan persediaan dapat dilakukan dalam selang waktu perencaan T=9 bulan (273 hari) dengan jumlah pesanan untuk setiap kali pemesanan yang optimal (Q*=5) dan titik pemesanan kembali yang optimal (r*=4) dengan total biaya persediaan sebesar Rp. 6.008.238,- serta ketersediaan persediaan 86,47 %. Kata kunci: Keandalan, laju kerusakan, persediaan, distribusi Normal, Lognormal, Eksponensial dan Weibull, jumlah pesanan sitiap kali pemesanan, titik pemesanan kembali, persediaan pengaman, ketersediaan persediaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2018 07:14
Last Modified: 16 Jan 2018 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item