PERHITUNGAN KEBUTUHAN ALAT MUAT EXCAVATOR BACKHOE KOMATSU PC 200 PADA TAMBANG PASIR BATU CV. GEO PERSADA DI DESA KEPUHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I.Y

SANIKAWA, AZANA AYUDEA (2018) PERHITUNGAN KEBUTUHAN ALAT MUAT EXCAVATOR BACKHOE KOMATSU PC 200 PADA TAMBANG PASIR BATU CV. GEO PERSADA DI DESA KEPUHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I.Y. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN CV. Geo Persada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan pasir batu yang terletak di wilayah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, D.I.Y. Cadangan yang tersedia mencapai 294.841 m³ dengan target produksi 120.000 BCM/tahun dan umur tambang diperkirakan selama 2 tahun dengan luas IUP sebesar 7,1 Ha. Penambangan pasir batu pada lokasi penelitian akan dilakukan dengan sistem tambang terbuka dengan metode quarry. Alat muat yang digunakan yaitu Excavator Backhoe Komatsu PC 200 kemudian hasil penggalian yang di dapat akan diangkut menggunakan truk yang menyesuaikan dari konsumen yang datang. CV. Geo Persada ingin memenuhi kebutuhan material pasir batu sebesar 10.000 BCM/bulan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan tersebut maka perlu diketahui seberapa banyak alat mekanis yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan produksi tersebut. Dari hasil penelitian pada tambang sekitar dan rangkaian-rangkaian yang mempengaruhi produksi di lapangan, efisiensi kerja saat ini yaitu sebesar 69,53% pada alat muat Excavator Backhoe Komatsu PC 200 dan untuk waktu edar yaitu sebesar 42,33 detik sehingga didapat kemampuan produksi alat muat yaitu sebesar 9.243,33 BCM/bulan, maka dari data tersebut didapat kebutuhan alat sebesar 2 unit. Nilai efisiensi hasil penelitian masih perlu ditingkatkan agar kemampuan produksi alat meningkat sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan efisiensi kerja. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengambil nilai minimum dari data hambatan sehingga didapat nilai efisinesi sebesar 80,83%. Dari nilai efisiensi tersebut diperoleh kemampuan produksi alat muat sebesar 10.746,12 BCM/bulan. Dari hasil kemampuan produksi setelah perbaikan maka didapat kebutuhan alat 1 unit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:53
Last Modified: 16 Jan 2018 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item