STUDI KARAKTERISASI DAN PEMODELAN RESERVOAR KARBONAT, FORMASI PARIGI, LAPANGAN “AZE”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA BERDASARKAN DATA SUMUR DAN SEISMIK

NURHAYATI, ASTRI (2018) STUDI KARAKTERISASI DAN PEMODELAN RESERVOAR KARBONAT, FORMASI PARIGI, LAPANGAN “AZE”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA BERDASARKAN DATA SUMUR DAN SEISMIK. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Formasi Parigi pada daerah penelitian terletak pada Tinggian Kedanghaur- Gantar Sub-Cekungan Jatibarang yang merupakan bagian dari Cekungan Jawa Barat Utara, dimana daerah penelitian ini merupakan lapangan yang memproduksikan gas dan minyak dalam jumlah yang cukup besar. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan studi yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah “Studi Karakterisasi Reservoar Karbonat dan Pemodelan Batugamping Formasi Parigi yang bertindak sebagai reservoar yang terletak di Lapangan “AZE” Cekungan Jawa Barat Utara” dengan menggunakan delapan data sumur, yaitu sumur AZE-01, AZE-02,AZE-03, AZE-04, AZE-08, AZE-24, AZE-26, dan AZE-35 serta dengan menggunakan data seismik seluas 5 x 5 km. Berdasarkan hasil analisis dan interpertasi berdasarkan data sumur dan seismik, diketahui bahwa pada daerah telitian dibagi menjadi 4 zona telitian yang dibagi berdasrkan litofasies yaitu Parigi A yang disusun oleh packstone dan batugamping pasiran, Parigi B yang disusun oleh packstone, Parigi C disusun oleh wackstone dan Parigi D disusun oleh packstone. Penilaian karakterisasi reservoar pada masing-masing zona berupa parameter petrofisik berupa porositas efektif, porositas sekunder, volume shale, saturasi air dan permeabilitas. Berdasarkan data seismik, fasies pada daerah penelitian berupa carbonate build up dan carbonate platform. Hasil analisis menunjukkan bahwa Parigi C mempunyai karakteristik reservoar yang lebih baik dibandingkan dengan zona lainnya. Sementara zona parigi A dan D memiliki karakteristik reservoar yang lebih buruk dibandingkan zona lainnya. Kata kunci : Karakterisasi Reservoar, Formasi Parigi, Cekungan Jawa Barat Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:53
Last Modified: 16 Jan 2018 01:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14171

Actions (login required)

View Item View Item