RANCANGAN PERBAIKAN LINGKUNGAN KERJA FISIKUNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN TERMAL (Studi Kasus Di PT Mandiri Jogja Internasional)

WISNU SETIAWAN, NGURAH NYOMAN (2017) RANCANGAN PERBAIKAN LINGKUNGAN KERJA FISIKUNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN TERMAL (Studi Kasus Di PT Mandiri Jogja Internasional). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

PT Mandiri Jogja Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kerajinan kulit produk yang dihasilkan yaitu tas kulit dan sepatu kulit asli. Selama survey pendahuluan dan pengamatan yang dilakukan, kondisi lingkungan kerja yang belum optimal pada departemen Persiapan. Kondisi pada departemen Persiapan dapat dirasakan cukup hangat, hal ini dilihat dari ruangan departemen Persiapan yang tertutup dan hanya memiliki sedikit ventilasi sehingga pekerja merasakan ketidaknyamanan terhadap suhu lingkungan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metode indeks PMV (Predicted Mean Vote) dan menggunakan metode PPD (Predicted Percentage of Dissatisfied). Metode PMV dapat mengetahuii tingkat ketidakpuasan pekerja yang terdiri atas tujuh titik yaitu -3, -2, -1, 0, +1, +2, +3 (dingin, sejuk, agak sejuk, netral, agak hangat, hangat, dan panas). Metode PPD memberika n beberapa besar persentase dari tingkat penghuni ruangan yang tidak merasa nyaman. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, nilai rata-rata PMV untuk 21 orang pekerja pada departemen persiapan yaitu +1,39 yang artinya adalah kondisi ruangan departemen persiapan cukup panas dan nilai PPD (Predicted Percentage of Dissatisfied) sebesar 45,01% yang berarti kondisi ketidaknyama nan yang dirasakan oleh pekerja cukup tinggi. Setelah rekomendasi perbaikan ventilas i alami dan dengan penentuan pakaian yang dikenakan pekerja. didapatkan penurunan rata-rata nilai PMV menjadi +0,64 yang artinya kondisi ruangan mendekati netral. Untuk nilai PPD juga mengalami penurunan menjadi 13,66%, hal ini menunjukkan bahwa pekerja merasa lebih nyaman setelah rekomendasi perbaikan. Kata Kunci : PMV (Predicted Mean Vote), PPD (Predicted Percentage of Dissatisfied), Ventilasi, Pakaian, Temperatur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:46
Last Modified: 12 Jan 2018 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item