PERANCANGAN ALAT PENCUCI PIRING DENGAN MENGGUNAKAN METODE NIGEL CROSS (Studi Kasus di Pondok Makan Selaras Banyumanik Semarang)

Tri Wahyudi, Aditya (2017) PERANCANGAN ALAT PENCUCI PIRING DENGAN MENGGUNAKAN METODE NIGEL CROSS (Studi Kasus di Pondok Makan Selaras Banyumanik Semarang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.cover adit.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan (2).pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI adit.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Pondok Makan Selaras merupakan salah satu rumah makan yang terkenal di Semarang. Terdapat permasalahan yang ada di Pondok Makan Selaras yaitu pada bagian pencucian piring. Banyaknya konsumen yang datang menyulitkan karyawan antara mencuci piring dengan melayani konsumen, akibatnya terjadi penumpukan cucian piring dan sering sekali hasil cucian piring tidak bersih karena noda yang sudah sulit hilang yang berasal dari lemak sisa makanan. Guna mengatasi hal tersebut maka diperlukann suatu rancangan alat pencuci piring yang dapat membantu proses pencucian piring agar lebih aman dan mudah digunakan oleh para karyawan Pondok Makan Selaras. Mesin pencuci piring yang akan dibuat ini dirancang dengan menggunakan metode Nigel Cross agar dapat merealisasikan alat pencuci piring yang mampu membantu proses pencucian piring. Keunggulan metode ini adalah mencakup keseluruhan aspek perancangan proses yang dimulai dari pengklarifikasian masalah sampai kepada rincian perancangan. Atribut-atribut produk baru yang disusun desainer disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yaitu mulai dari bahan hingga fungsi produk. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya alat pencuci piring yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan Pondok Makan Selaras. Alat pencuci piring ini mampu mencuci piring dengan waktu yang cepat dan bersih. Pengoperasian secara berdiri yang disesuaikan dengan anthropometri pengguna. Kata kunci : Alat Pencuci Piring, Nigel Cross, Mencuci Piring, Pondok Makan Selaras

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:41
Last Modified: 12 Jan 2018 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

View Item View Item