PENENTUAN ESTIMATE REMAINING RESERVES DENGAN DECLINE CURVE ANALYSIS UNTUK PERENCANAAN PENGEMBANGAN PADA LAPISAN “ABR” LAPANGAN “E” PT PERTAMINA EP ASSET 4

CAHYAPUTRI, DELTA (2018) PENENTUAN ESTIMATE REMAINING RESERVES DENGAN DECLINE CURVE ANALYSIS UNTUK PERENCANAAN PENGEMBANGAN PADA LAPISAN “ABR” LAPANGAN “E” PT PERTAMINA EP ASSET 4. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Peramalan produksi yang akan datang sangat penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui besarnya Estimate Remaining Reserves (ERR) yang dapat diproduksikan. Besarnya Estimate Remaining Reserves (ERR) dari suatu lapangan ini nantinya digunakan sebagai pertimbangan keekonomisan bagi suatu perusahan yang akan memproduksikan atau mengembangkan lapangan tersebut. Lapangan “E” merupakan lapangan migas yang produksinya berasal dari lapisan “ABR” dengan jumlah sumur aktif sebanyak 3 sumur. Perkiraan besarnya Estimate Remaining Reserves (ERR) pada lapisan “ABR” dihitung dengan metode decline curve analysis dengan langkah awal yaitu mengitung OOIP dengan metode volumetrik, menentukan economic limit rate (qlimit), menyusun data produksi dalam tabulasi, memilih trend dari plot laju produksi terhadap waktu, menentukan tipe decline curve yang mewakili lapisan “ABR”, melakukan prediksi laju produksi hingga q limit, menghitung umur produksi lapisan “ABR”, Estimate Ultimate Recovery (EUR), Recovery Factor (RF) dan Estimate Remaining Reserves (ERR). Apabila Estimate Remaining Reserves (ERR) yang dapat diproduksikan besar maka dilakukan upaya peningkatan produksi dengan membuat beberapa skenario pengembangan, kemudian memilih skenario terbaik berdasarkan nilai keekonomiannya dan melakukan uji sensitivitas pada skenario yang terbaik. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan analisa yaitu tipe decline curve yang mewakili lapisan “ABR” adalah eksponensial decline (b = 0) dengan nilai D sebesar 0,02296/bulan, qlimit lapisan “ABR” sebesar 44,74 BOPD, umur produksi lapisan “ABR” sampai dengan tanggal 31 September 2027, EUR sebesar 2394,047 Mbbl, RF sebesar 15 % dan ERR sebesar 904,078 Mbbl. Estimate Remaining Reserves (ERR) yang dapat diproduksikan dari lapisan “ABR” ini besar, maka dilakukan usaha peningkatan perolehan minyak dengan infill drilling. Rencana pengembangan dilakukan dengan membuat 3 skenario, yaitu Basecase (Existing Well), Skenario 1 (Basecase + 2 Infill Drilling) dan Skenario 2 (Skenario 1 + 1 Infill Drilling). Skenario terbaik yang dipilih dari beberapa skenario yang telah dibuat untuk meningkatkan produksi lapisan “ABR” adalah skenario 2 dengan RF sebesar 18,12 %, NPV sebesar 7.580.079,16 USD, Rate of Return (ROR) sebesar 76%, Profit to Invesment Ratio (PIR) sebesar 1,65, Discounted Profit to Investment Ratio (DPIR) sebesar 1,01, Pay Out Time (POT) sebesar 1,165 tahun dan parameter yang paling berpengaruh terhadap perubahan indikator keekonomian yaitu biaya investasi kemudian biaya operasi, besarnya produksi minyak, dan harga minyak di pasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:42
Last Modified: 12 Jan 2018 02:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item