KERJA SAMA INDONESIA – SWEDIA DI BIDANG ENERGI TERBARUKAN DALAM THE INDONESIAN – SWEDISH INITIATIVE FOR SUSTAINABLE ENERGY SOLUTIONS (INSISTS)

Suryananda, Ranindya (2018) KERJA SAMA INDONESIA – SWEDIA DI BIDANG ENERGI TERBARUKAN DALAM THE INDONESIAN – SWEDISH INITIATIVE FOR SUSTAINABLE ENERGY SOLUTIONS (INSISTS). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER INDONESIA-SWEDIA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (1)[123].pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keamanan energi merupakan hal yang sangat penting pada saat ini. Energi tidak terbarukan yang mendominasi konsumsi energi di dunia kian menipis, penurunan ketersediaan energi tidak terbarukan yang berasal dari bahan bakar fosil kemudian mendorong berbagai negara untuk melakukan inovasi di bidang energi guna mencapai tujuannya untuk menciptakan keamanan energi. Salah satu cara untuk mencapai keamanan energi yaitu dengan melakukan inovasi energi terbarukan sehingga dapat melepaskan ketergantungan terhadap energi tidak terbarukan yang jumlahnya selalu turun setiap tahunnya. Swedia merupakan salah satu negara yang paling unggul dalam pengembangan dan penggunaan energi terbarukan. Lebih dari setengah pasokan energi di Swedia berasal dari energi terbarukan seperti energi angin, air, nuklir, dan pengolahan sampah menjadi energi. Sementara itu, Indonesia merupakan negara yang masih sangat tergantung pada penggunaan bahan bakar fosil, jika Indonesia tidak dapat melepaskan ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar fosil maka Indonesia akan mengalami ancaman dalam keamanan energi yang kemudian dapat berdampak di berbagai sektor di Indonesia. Kondisi energi di Indonesia dan kemajuan Swedia dalam pengembangan dan pengelolaan energi terbarukan kemudian mendorong Indonesia untuk melakukan kerjasama di bidang energi terbarukan dengan Swedia. Kerjasama antara Indonesia dan Swedia di bidang energi terbarukan ditandai dengan penandatanganan perjanjian pembentukan The Indonesian – Swedish Initiative for Sustainable Energy Solutions (INSISTS) pada tahun 2013. INSISTS dibentuk sebagai wadah bagi Indonesia dan Swedia untuk melakukan berbagai bentuk kegiatan kerjasama untuk mengembangkan dan meningkat penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Kata kunci : Energy terbarukan, The Indonesian – Swedish Initiative for Sustainable Energy Solutions (INSISTS), pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:54
Last Modified: 11 Jan 2018 02:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item