MANAGEMENT OF MANGROVE LAND FOR ABRASION COUNTERMEASURES IN SAMAS BEACH AND BAROS LAGOON, BANTUL REGENCY, YOGYAKARTA REGION

Kartika, Widitya (2018) MANAGEMENT OF MANGROVE LAND FOR ABRASION COUNTERMEASURES IN SAMAS BEACH AND BAROS LAGOON, BANTUL REGENCY, YOGYAKARTA REGION. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

INTISARI Perubahan lingkungan pantai dapat terjadi secara cepat maupun lambat didukung berbagai macam faktor. Faktor yang sering kali terjadi ialah abrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui laju abrasi, mengetahui efektivitas lahan mangrove dalam mencegah abrasi dan mengetahui arahan pengelolaan lahan mangrove yang baik untuk mencegah abrasi di pantai. Tahap awal penelitian yaitu dengan metode survey ke lapangan. Metode survey digunakan untuk penentuan titik pengambilan data. Penentuan pengambilan data dan sampel pantai menggunakan purposive sampling. Pengambilan data yang diambil di lapangan yaitu kemiringan lereng pantai, kecepatan arus, angin, periode gelombang dan pasang surut. Data vegetasi mangrove diambil menggunakan metode quadarat sampling. Data diambil di tiap plot yang telah ditentukan. Hasil data lapangan dihitung menggunakan metode matematis nilai Go dari CERC (Coastal Engineering Research Center) untuk penentuan abrasi dan sedimentasi. Data vegetasi mangrove dihitung menggunakan klasifikasi dan teori dari Bengen (2004). Teknik evaluasi dilakukan secara deskriptif mengacu kepada FAO untuk menentukan efektivitas mangrove terhadap abrasi. Hasil efektivitas digunakan untuk merencanakan pengelolaan lahan mangrove terhadap abrasi pantai. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan perhitungan matematis, nilai menunjukan bahwa tidak terjadi abrasi pada saat penelitian dilakukan. Perbedaan hasil didapatkan berdasarkan analisis spasial. Rata – rata per tahun terjadi abrasi sebesar -12,89 m/tahun. Berdasarkan efektivitas mangrove yang ditetapkan oleh FAO, efektivitas yang dihasilkan bernilai tinggi. Arahan pengelolaan yang direncanakan berupa penanaman mangrove sesuai dengan sifat dan jenis mangrove, menerapkan teknik penanaman bronjong bambu agar bibit mangrove dapat bertahan dari arus pasang surut. Kata Kunci : Abrasi, Mangrove, Sedimentasi, Gelombang, Arus Pantai, Pasang – surut, Lama Genangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:27
Last Modified: 11 Jan 2018 02:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item