GEOLOGI DAN STUDI ALTERASI-MINERALISASI TIPE ENDAPAN VMS PADA TAMBANG TERBUKA DI KALIKUNING DAERAH LURANG, KECAMATAN WETAR, KABUPATEN MALUKU BARATDAYA

Siswanto, Muhammad Indra (2017) GEOLOGI DAN STUDI ALTERASI-MINERALISASI TIPE ENDAPAN VMS PADA TAMBANG TERBUKA DI KALIKUNING DAERAH LURANG, KECAMATAN WETAR, KABUPATEN MALUKU BARATDAYA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Secara Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (UTM-WGS84-Zona 52S) 204500-206000mT dan 9146500-9147700 mU. Sedangkan administratif terletak pada wilayah pertambangan PT.BTR berlokasi di pantai utara pulau wetar Kabupaten Maluku Barat Daya, Pulau wetar sebagai bagian dari busur kepuluan yang terbentuk ketika lempeng samudra bertemu dengan lempeng samudra lainya. Berdasarkan analisis aspek-aspek geomorofologi, bentuk lahan daerah penelitian di bagi menjadi 2 bentuk asal Vulkanik dan Antropogenik, Vulkanik di bagi menjadi 2 satuan antara lain bentuk lahan Perbukitan Vulkanik (V1), Lereng Vulkanik (V2) sedangkan Antropogenik 9 satuan antara lain bentuk lahan Stockpile (A1),Pabrik (A2), Strom Water ( A3), Crushing (A4), Rompad ( A5), Waste Dump (A6), Netralisasi (A7),Pit (A8),Hauling Road(A9. Stratigrafi daerah penelitian di bagi menjadi 8 satuan dari tua ke muda, antara lain Satuan basalt-andesit Alor, Satuan breksi-andesit Alor (Miosen akhir), Satuan breksi-alterasi Alor, Satuan massive-sulfide Alor, (Miosen akhir-Pliosen awal), Satuan breksi-vulkanik Naumatang, Satuan breksi-dasit Naumatang, Satuan intrusi dasit dan Satuan tuf-dasit Naumatang (Pliosen awal). Struktur geologi sesar di bagi menjadi tiga kelompok, antara lain kelompok sesar berarah timurlaut-baratdaya, sesar berarah utara-selatan dan sesar berarah baratlaut-tenggara. Himpunan mineral yang di jumpai di lapangan dapat di bagi menjadi 3 zonasi alterasi yaitu tipe silifikasi ( silika-kuarsa-serisit), tipe argilik (kuarsa-illite-smektit±kaolinit) dan tipe propilitik ( klorit-smektit±kalsit). Mineralisasi yang terbentuk antara lain Native Copper (Cu), Kalkopirite (CuFeS 2 ), Kalkosit (Cu 2 S), Bornit ( CuFeS 5) dan Kovelit (CuS) dan Pirit Masif (CuFeS 2 ) Tipe endapan mineral pada daerah telitian termasuk ke dalam tipe endapan Volcanic Massive Sulfide (VMS) Kata kunci : Alterasi , Mineralisasi , Volcanic Massive Sulfide.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Jan 2018 02:01
Last Modified: 11 Jan 2018 02:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item