ANALISIS ZONA AKUIFER MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS KONFIGURASI SCHLUMBERGER PADA AREA PELABUHAN FUTONG, KAB. PELALAWAN, PROV. RIAU

LAIL, MUHAMMAD (2018) ANALISIS ZONA AKUIFER MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS KONFIGURASI SCHLUMBERGER PADA AREA PELABUHAN FUTONG, KAB. PELALAWAN, PROV. RIAU. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL 'VETERAN' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ketebalan dan kedalaman akuifer dibawah permukaan di area Pelabuhan Futong, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Metode yang digunakan yaitu geolistrik resistivitas dengan konfigurasi schlumberger sebanyak 10 titik pengukuran. Metode ini digunakan karena keunggulannya yang mampu untuk mendeteksi adanya sifat tidak homogen pada lapisan batuan dibawah permukaan. Data lapangan diambil menggunakan alat resistivitimeter Oyo Mc Ohm 2115, dengan panjang lintasan 300m tiap titik pengukuran. Jarak antar titik pengukuran 200m s.d 400m di sekitar area Pelabuhan Futong. Software IPI2WIN digunakan untuk pengolahan data dengan hasil berupa model 1D. Software Rockwork digunakan untuk membuat model 3D berdasarkan korelasi model 1D antar titik pengukuran. Referensi penelitian terdahulu dan tabel resistivitas digunakan sebagai acuan dalam tahap analisis dan interpretasi. Analisis dan interpretasi menghasilkan informasi yaitu tebal lapisan akuifer pada daerah penelitian bervariasi antara 17.99m sampai dengan 44.61m, sedangkan kedalamannya bervariasi antara 19.2m sampai dengan 38.8m. nilai resistivitas akuifer berkisar antara 27.8Ωm - 126Ωm dengan litologi berupa batupasir. Model 3D menunjukkan keberadaan lapisan batupasir akuifer dengan slope menurun dari arah utara menuju tenggara dan utara menuju selatan daerah penelitian, dengan demikian dapat diperkirakan zona akuifer jenuh terdapat pada area tenggara dan selatan daerah penelitian. Disarankan untuk tahap eksploitasi (pengeboran air) dilakukan dengan kedalaman minimal 25 meter dibawah permukaan. Kata kunci : Akuifer, IPI2WIN, Resistivitas, Rockwork 3D, Schlumberger.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:53
Last Modified: 10 Jan 2018 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14092

Actions (login required)

View Item View Item