IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PROSES PRODUKSI WAJAN SUPER (Studi kasus di IKM WL Alumunium Umbulharjo, Yogyakarta)

Infanteri, Annisa Bintang Ayu (2018) IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PROSES PRODUKSI WAJAN SUPER (Studi kasus di IKM WL Alumunium Umbulharjo, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3.COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IKM WL Alumunium merupakan industri kecil menengah yang bergerak dalam bidang pengolahan Alumunium menjadi peralatan dapur seperti panci,wajan,soblok, dan ketel. Perusahaan ini memiliki karakteristik make to stock dalam proses produksinya. Permasalahan yang dihadapi adalah banyaknya material work in process yang menumpuk di masing-masing stasiun kerja sehingga hal ini menghambat pekerjaan selanjutnya dan mengganggu transportasi dan kenyamanan pekerja. Selain itu seringnya menghasilkan produk cacat (defect) mengakibatkan perusahaan rugi dalam hal biaya dan waktu, karena produk cacat tersebut harus dikerjakan ulang atau dilebur kembali. Aktivitas di atas termasuk dalam pemborosan (waste) dalam sistem manaufaktur. Pendekatan yang dilakukan untuk mengurangi pemborosan-pemborosan yang terjadi adalah pendekatan Lean Manufacturing. Lean Manufacturing bertujuan untuk mengurangi pemborosan dalam sistem. Aliran Proses dan Informasi digambarkan dalam Value Stream Mapping untuk mengetahui letak permasalahan, dan Waste Assesment Model digunakan untuk mengidentifikasi pemborosan yang terjadi di lantai produksi. Perbaikan yang dirancang untuk mengurangi pemborosan jenis defect dan motion menggunakan metode six sigma dan memberikan usulan penerapan SOP, 5S, dan pelatihan teknik kerja. Setelah usulan perbaikan diterapkan, terjadi kenaikan nilai sigma sebesar 3,82 sedangkan nilai sigma sebelumnya sebesar 3,4. Perbaikan untuk mengurangi pemborosan jenis inventory adalah penggabungan stasiun kerja untuk meningkatkan utilitas dan output produksi. Berdasarkan simulasi Promodel yang dilakukan, terjadi kenaikan jumlah output produksi yang semula 123 unit/hari menjadi 138 unit/hari. Kata Kunci : Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Waste Assesment Model, waste, Six-Sigma

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:52
Last Modified: 09 Jan 2018 04:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item