ANALISA PENANGGULANGAN PROBLEM CASING STUCK PADA PROSES RUNNING CASING LINER 7” SUMUR “WR” LAPANGAN “HW” PT PERTAMINA EP

WICAKSONO, WIRASAKTI (2017) ANALISA PENANGGULANGAN PROBLEM CASING STUCK PADA PROSES RUNNING CASING LINER 7” SUMUR “WR” LAPANGAN “HW” PT PERTAMINA EP. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (544kB) | Preview

Abstract

Sumur “WR” terletak di timur kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Sumur ini di bor dengan target kedalaman 1650 mMD dengan perkiraan menembus formasi Muara Enim, Air Benakat, Gumai, Batu Raja, dan Talang Akar. Sumur ini mengalami permasalahan casing terjepit yang terjadi pada saat running casing liner 7” pada kedalaman 1422 mMD, dan membutuhkan beberapa analisa agar masalah casing terjepit tidak terulang kembali pada pemboran selanjutnya, karena problem ini berakibat kepada bertambahnya waktu dan biaya operasi pemboran. Analisa ini diawali dengan pengumpulan data lapangan dan kronologi kejadian untuk kemudian dianalisa penyebab casing terjepit berdasarkan tiga aspek yaitu aspek lithologi batuan, aspek geometri lubang bor, dan aspek lumpur pemboran. Selain itu dilakukan juga analisa terhadap upaya pembebasan casing terjepit dengan metode mekanis pulling out dan perendaman fluida Black Magic. Hasil analisa aspek lithologi batuan diketahui harga Cation Exchange Capacity sebesar 19.5 meq/100gram menunjukkan bahwa lapisan pada titik jepit merupakan shale reaktif yang didominasi oleh mineral illite dan monmorillonit. Pada analisa geometri lubang bor diketahui dog leg yang ada sebesar 0.421˚/100ft tidak melebihi dog leg saverity-nya yaitu 0.713˚/100ft sehingga aspek ini dikatakan aman. Pada analisa lumpur pemboran diketahui perbedaan tekanan hidrostatik dan tekanan formasi sebesar 56 psi, sedangkan margin yang aman yaitu sebesar 100-200 psi. sehingga pada aspek lumpur pemboran dapat dikatakan kurang aman. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, problem casing terjepit yang tejadi pada Sumur “WR” ini merupakan tipe Mechanical sticking yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu perbedaan tekanan yang kurang dari batas aman, sehingga terdapat kemungkinan lubang bor menjadi tidak stabil. Ditambah lagi dengan jenis formasi yang ditembus merupakan formasi shale dengan kandungan clay yang reaktif terhadap air dan dapat mengembang (swelling). Beberapa upaya dilakukan untuk membebaskan pipa terjepit, dengan sirkulasi lumpur hivis, pulling out, dan perendaman namun tidak berhasil teratasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:12
Last Modified: 09 Jan 2018 04:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item View Item