PENJADWALAN SISTEM PRODUKSI FLOW SHOP DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN ORDER DINAMIS DAN KAPASITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISPATCHING RULE (Studi Kasus di PT Aneka Adhilogam Karya, Klaten, Jawa Tengah)

Lalong, Eygman Malkhi Tandi (2018) PENJADWALAN SISTEM PRODUKSI FLOW SHOP DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN ORDER DINAMIS DAN KAPASITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISPATCHING RULE (Studi Kasus di PT Aneka Adhilogam Karya, Klaten, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI, TABEL & GAMBAR.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Aneka Adhilogam Karya merupakan salah suatu perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur pengolahan logam dengan menggunakan sistem produksi make to order dan mempunyai aliran flowshop. Penelitian ini dalakukan dengan tujuan untuk penjadwalan sistem produksi flow shop dengan mempertimbangkan waktu kedatangan order dinamis dan kapasitas produksi menggunakan pendekatan dispatching rule untuk meminimasi mean tardiness. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penjadwalan maju due date (forward scheduling) dengan memakai pendekatan dispatching rule. Metode ini dimaksudkan untuk memberikan usulan penjadwalan yang optimal untuk perusahaan sehingga hasil yang didapat menjadi lebih optimal untuk meminimasi mean tardiness. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menjadwalkan 10 order jenis logam , perusahaan memperoleh rata- rata mean tardiness sebanyak 3,185 jam sedangkan menggunakan algoritma penjadwalan membuat rata – rata mean tardiness berkurang menjadi 0,91 jam. Rata-rata keterlambatan mean tardiness bisa diperbaiki mencapai 85,34 % lebih efektif jika dibandingkan dengan sistem penjadwalan dari perusahaan. Perbaikan ini memberikan pengaruh signifikan dan dampak positif untuk produksi. Pengurangan keterlambatan penyelesaian order akan meningkatkan performansi lantai produksi dalam hal penyelesaian order pada konsumen Kata kunci: Make to order, Dispatching rule, Mean tardiness, logam , konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:50
Last Modified: 09 Jan 2018 03:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item