GEOLOGI DAN KUNCI FOTO GEOLOGI DESA SRIMULYO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FITRAH, FITRAH (2017) GEOLOGI DAN KUNCI FOTO GEOLOGI DESA SRIMULYO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PIYUNGAN, KABUPATEN BANTUL, PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Lokasi penelitian ini secara adminitrasi berada di Desa Srimulyo dan sekitarnya, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara astronomis daerah penelitian terletak pada 437500mE - 443500mE (West-East) dan 9129250mN - 9133750mN (South-North) UTM WGS 1984 (Universal Transverse Mercator). Luas daerah telitian 6 km x 4,5 km dengan skala 1:12.500. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu: akuisisi, analisa, dan sintesa. Akuisisi merupakan tahapan perolehan data yang terdiri dari studi pustaka regional, pemetaan geologi permukaan, dan beberapa data sekunder. Analisa merupakan tahapan pemprosesan data terhadap hal yang menyangkut geologi dan kunci foto geologi dan tahap sintesa adalah menyimpulkan dari berbagai analisa tersebut dan mewujudkan dari tujuan yang ingin dicapai. Pola pengaliran di daerah penelitian dibagi menjadi tiga, yaitu pola-pola pengaliran subdendritik, subtrelis dan subparalel. Satuan geomorfologi di daerah penelitian dibagi menjadi empat bentukan asal yang terbagi dalam delapan satuan bentuklahan, yaitu: gawir garis sesar (S1), perbukitan homklin (S2), dataran fluvio vulkanik (V1), dataran antarbukit (F1), tubuh sungai (F2), bukit sisa (D1) dan bukit terisolir (D2). Stratigrafi di daerah penelitian dibagi menjadi enam satuan batuan, yaitu Satuan breksi-koignimbrit Semilir, Satuan breksi-pumis Semilir, Satuan batupasir-vulkanikkarbonatan Semilir, Satuan batupasir-vulkanik Semilir, Satuan breksi Nglanggran dan Satuan lava Nglanggran sertadua satuan endapan, yaitu endapan aluvial dan endapan gunungapi Merapi. Struktur geologi di daerah penelitian berupa sesar kiri naik Opak dengan tegasan utama berasal dari baratlaut-tenggara, sesar turun Patuk yang merupakan produk release dari tegasan baratlauttenggara, Sesar mendatar kiri naik Patuk dan Sesar mendatar kanan naik Srimulyo merupakan produk dari tegasan utara-selatan. Kunci foto geologi ditentukan menjadi kunci-kunci foto geomorfologi, stratigrafi dan litologi terbatas serta struktur geologi. Pengandapan Satuan breksi-pumis Semilir berdasarkan klasifikasi Cas dan Wright (1988) dan Bronto (2010)vdiendapkan dengan mekanisme aliran, jatuhan dan jeruakan seruakan dengan sumber material yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:50
Last Modified: 09 Jan 2018 03:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item