ESTIMASI CADANGAN PASIRBATU DENGAN METODE CROSS SECTION DI CV GEO PERSADA SUNGAI GENDOL DESA KEPUHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FIRMANSYAH, FERDIAN FAHMI (2018) ESTIMASI CADANGAN PASIRBATU DENGAN METODE CROSS SECTION DI CV GEO PERSADA SUNGAI GENDOL DESA KEPUHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Pesatnya perkembangan pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta menyebabkan permintaan bahan baku konstruksi umumnya pasirbatu meningkat. Hal ini membuat CV. Geo Persada yang terletak di Dusun Kaliadem Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ingin memanfaatkan potensi pasir batu dengan cara menganalisis dan mengestimasi Sumberdaya dan Cadangan yang terdapat di daerah tersebut. Dalam rangka memaksimalkan potensi Sumberdaya dan Cadangan bahan galian pasirbatu di Desa Kepuharjo, diperlukan adanya penelitian potensi Sumberdaya dan Cadangan bahan galian pasir batu. Potensi Sumberdaya dan Cadangan pasir batu di daerah penelitian dihitung dengan rumus daerah rata-rata (Mean Area) menggunakan metode penampang atau Cross Section dengan pedoman Rule of Nearest Point. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, daerah penelitian memiliki potensi pasirbatu yang tinggi. Berdasarkan SNI Sumberdaya dapat digolongkan pada Sumberdaya Terukur dan cadangan digolongkan Cadangan Terbukti. Dari hasil perhitungan diperoleh jumlah volume Sumberdaya sebesar 359804,966 m3 dan volume Cadangan 178883,03 m3 dengan membuat 9 buah sayatan pada aplikasi AutoCad dengan jarak dan panjang yang bervariasi dengan menyesuaikan bentuk IUP (Izin Usaha Penambangan) CV. Geo Persada. Manfaat dari estimasi Sumberdaya dan Cadangan ini adalah untuk menentukan umur tambang dan jumlah produksi dari perusahaan. Dan manfaat lainnya adalah untuk dapat mengetahui nilai ekonomi yang terdapat di area tambang CV. Geo Persada tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:04
Last Modified: 09 Jan 2018 02:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item