ANALISA PRESSURE FALL-OFF TEST PADA SUMUR “U-5” DAN SUMUR “U-7” LAPANGAN PANASBUMI “ U “ MENGGUNAKAN SOFTWARE ECRIN VERSI 4.10

KUSUMA WARDANI, LAKSITA WIDI (2017) ANALISA PRESSURE FALL-OFF TEST PADA SUMUR “U-5” DAN SUMUR “U-7” LAPANGAN PANASBUMI “ U “ MENGGUNAKAN SOFTWARE ECRIN VERSI 4.10. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 PENGESAHAN TTD.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Daftar isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 RINGKASAN.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Pada saat eksplorasi, setelah pemboran selesai maka dilakukan pengujian sumur untuk mendapatkan data atau informasi mengenai karakteristik reservoir. Karakteristik reservoir dan potensi dari suatu reservoir panasbumi perlu di analisa pada setiap kegiatan, misalnya dalam hal penilaian kelayakan suatu reservoir. Ada banyak metode dalam melakukan pengujian sumur, salah satunya adalah metode Fall-off Test. Fall-off Test merupakan pengujian transient tekanan yang dilakukan dengan cara menginjeksikan sumur dengan air yang dipompakan dengan laju yang berbeda-beda selama waktu tertentu, kemudian sumur ditutup selama waktu penutupan tertentu (Δt) dan tekanan dan waktu penutupan dicatat untuk dinalisa. Metode Fall-off Test ini dapat mengetahui parameter dan kondisi reservoir suatu sumur produksi maupun injeksi. Di dalam penulisan Skripsi ini terdapat 2 (dua) sumur yang baru dibor, yaitu Sumur “U-5” dan Sumur “U-7”, yang mana pengujian kedua sumur tersebut menggunakan metode Fall Off Test. Dalam proses analisa data uji sumur Fall Off Test, penulis menggunakan simulator Ecrin guna mempermudah dan meningkatkan keakuratan dalam menganalisa data uji sumur Fall Off Test kedua sumur tersebut. Dari pengujian sumur menggunakan metode Fall Off Test ini yang kemudian dianalisa menggunakan simulator Ecrin sehingga didapat beberapa informasi atau gambaran mengenai kondisi reservoir kedua sumur tersebut. Nilai skin pada sumur “U-5” sebesar -0.929, sedangkan nilai skin pada Sumur “U-7” didapat sebesar + 2.3.Harga k.h (transmisivitas) untuk Sumur “U-5” sebesar 3.94 E+5 mD.ft, sedangkan Harga k.h (transmisivitas) Sumur “U-7” diperoleh sebesar 4.88E+5 mD.ft. Informasi yang didapatkan yaitu kedua sumur ini memiliki model reservoir two porosity pss. Jenis boundary Sumur “U-5” ini bersifat Parallel Faults. sedangkan untuk Jenis boundary Sumur “U-7” ini bersifat infinite. Untuk model sumur didapatkan bahwa Sumur “U-5” dan “Sumur U-7” merupakan sumur dengan changing wellbore storage + skin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:33
Last Modified: 08 Jan 2018 04:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item