ALIF NUGROHO, NOVAN (2017) RANCANGAN TEKNIS PENAMBANGAN TANAH URUG KUARI BLOK 14 PT. CAKRAWALA SEMESTA PERKASA UNTUK PEMBANGUNAN JALAN TOL PEMALANG – BATANG, KABUPATEN PEMALANG, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
2. Abstract.docx.pdf Download (214kB) | Preview |
Preview |
Text
3. COVER.pdf Download (94kB) | Preview |
Preview |
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (71kB) | Preview |
Preview |
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
PT. Cakrawala Semesta Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di
industri pertambangan yang terletak di Desa Pedagung, Kecamatan Randudongkal,
Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. PT. Cakrawala Semesta Perkasa
memenuhi kebutuhan tanah urug untuk PT. Waskita Toll Road untuk pembangunan
jalan tol Pemalang – Batang. Untuk memenuhi kebutuhan material tersebut,
PT. Cakrawala Semesta Perkasa membuka pertambangan tanah urug di Kuari
Blok 14 Site Pertambangan Pedagung dengan taksiran sumberdaya sebesar
1.835.830 ton dibatasi elevasi 90 mdpl sampai dengan 110 mdpl.
Permasalahan pada penelitian ini adalah PT. Cakrawala Semesta Perkasa
belum memiliki rancangan teknis penambangan pada Kuari Blok 14 dan pada akhir
pasca tambang, lahan pertambangan bisa di fungsikan sebagai area pemukiman.
Metode penyelesaian masalah dilakukan dengan pengolahan data sekunder yang
meliputi perencanaan produksi selama 8 bulan yang akan dibagi menjadi 4 push back
setiap push back terdiri dari 2 bulan, dan perhitungan kebutuhan alat muat dan alat
angkut.
Perancangan penambangan tanah urug di Kuari Blok 14 dirancang dengan
geometri jenjang penambangan untuk tinggi jenjang 5 meter, lebar jenjang 5 meter,
sudut kemiringan jenjang tunggal 45o dan sudut kemiringan jenjang keseluruhan 30o.
Berdasarkan hasil perancangan, cadangan pada kuari Blok 14 sebesar 1.745.007 ton.
Produksi tanah urug pada daerah penelitian dilakukan selama 8 bulan dengan target
produksi 440.000 ton/push back. Rincian tanah urug tertambang adalah sebagai
berikut:
Push back I : 453.614 Ton ; Elevasi 90 – 105 mdpl ; Luas area 3,1 Ha
Push back II : 458.343 Ton ; Elevasi 90 – 105 mdpl ; Luas area 3,06 Ha
Push back III : 445.291 Ton ; Elevasi 90 – 110 mdpl ; Luas area 2,1 Ha
Push back IV : 387.759 Ton ; Elevasi 90 – 105 mdpl ; Luas area 1,7 Ha
Kegiatan penambangan dilakukan pada elevasi 90 mdpl hingga elevasi
110 mdpl dengan menggunakan alat muat excavator Komatsu PC 200 dan alat angkut
dump truck HINO FM 260. Kebutuhan excavator pada push back I sampai push back
III tetap yaitu 6 unit sedangkan pada push back IV yaitu 5 unit dan kebutuhan dump
truck pada push back I sampai push back III tetap yaitu 40 unit sedangkan pada
push back IV yaitu 34 unit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 02:42 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 03:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |