TEKNIS REKLAMASI PENAMBANGAN LEMPUNG BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN DI DUSUN KLEBEN VII, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Setiawan, Hari (2017) TEKNIS REKLAMASI PENAMBANGAN LEMPUNG BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN DI DUSUN KLEBEN VII, DESA SIDOREJO, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover_Hari S_114130189.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Hari S_114130189.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Hari S_114130189.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_Hari S_114130189.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

INTISARI Kegiatan penambangan rakyat yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan di Dusun Kleben VII, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebabkan kerusakan lahan. Kegiatan penambangan lempung ini sudah berjalan lebih dari 4 tahun dengan menggunakan peralatan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kerusakan lahan dan merancang teknis reklamasi yang sesuai dengan kondisi lahan di lokasi penelitian. Metode penelitian yang digunakan untuk menentukan teknis reklamasi yang tepat di daerah penelitian yaitu dengan survey lapangan, pemetaan, pengharkatan, wawancara dan analisis data. Parameter pengharkatan untuk kerusakan lahan yang diukur pada ketiga blok penambangan yaitu tinggi dinding galian, batas kemiringan tebing galian, batas kedalaman galian dari tanah awal, kondisi jalan, batas tepi galian, penyelamatan tanah pucuk untuk dikelola, serta penutupan lahan oleh vegetasi. Parameter pada analisis kualiatas tanah di laboratorium meliputi pH (H2O), C-organik, N-total, K2O-total, P2O5 tersedia dan KTK tanah. Penentuan teknis reklamasi sesuai dengan harkat kerusakan lahan dan rona lingkungan hidup. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, hasil analisis dan evaluasi data, menunjukan bahwa dampak dari kegiatan penambangan lempung di Dusun Kleben VII mengakibatkan terjadinya tingkat kerusakan lahan yang masuk dalam kategori kerusakan sedang pada blok I dan Blok III dengan skor 13, serta tingkat kerusakan lahan besar pada blok II dengan skor 17 . Jenjang yang direncanakan dalam kegiatan penambangan di lokasi penelitian adalah tinggi jenjang 3 meter, lebar jenjang 10 meter dengan sudut dinding jenjang 450. Hasil perencanaan reklamasi di lokasi penelitian yaitu perkebunan holtikultura jenis tanaman Rambutan, Mangga dan Durian dengan jarak tanam 8 x 8 meter dengan rancangan sistim pot. Lubang tanam dibuat sebanyak 613 pot dengan luas lahan reklamasi sebesar 39.324 m2 di tanam pada bulan september. Kata kunci: Penambangan Rakyat, Kerusakan Lahan, Perencanaan Reklamasi, Perkebunan Holtikultura.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Dec 2017 03:18
Last Modified: 22 Dec 2017 03:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13953

Actions (login required)

View Item View Item