REKAYASA PENGENDALIAN RISIKO BENCANA BANJIR TERHADAP PERMUKIMAN DAN LAHAN PERTANIAN DI SUBDAS GUNTING, KABUPATEN JOMBANG PROVINSI JAWA TIMUR

Yulistria, Agnindia (2017) REKAYASA PENGENDALIAN RISIKO BENCANA BANJIR TERHADAP PERMUKIMAN DAN LAHAN PERTANIAN DI SUBDAS GUNTING, KABUPATEN JOMBANG PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Permasalahan lingkungan yang sering terjadi di Indonesia salah satunya adalah bencana banjir. Banjir adalah peristiwa tergenangnya daratan karena volume air meningkat. Salah satu daerah yang terdampak banjir yaitu SubDAS Gunting Kabupaten Jombang. Banjir tercatat selalu terjadi setiap musim penghujan. Banjir yang terjadi dikarenakan sungai tidak dapat menampung debit air limpasan seperti yang terjadi pada kasus 1 Maret 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat risiko bencana banjir di kawasan permukiman dan lahan pertanian dan menentukan model rekayasa yang sesuai dengan risiko banjir di daerah penelitian. Metode yang digunakan adalah survei, pemetaan, scoring (pemetaan), dan wawancara. Wawancara yang dilakukan menggunakan metode judgement sampling yaitu responden dipilih berdasarkan penilaian peneliti. Parameter yang digunakan yaitu tinggi genangan, durasi genangan, curah hujan, tekstur tanah, infiltrasi tanah, kemiringan lereng, bangunan rumah, fasilitas umum, kepadatan penduduk, kelompok rentan, luas lahan produktif, kontribusi PDRB, kebijakan/peraturan,peringatan dini, dan kesiapsiagaan. Tingkat risiko banjir di SubDAS gunting terbagi menjadi empat klasifikasi yaitu risiko bencana banjir sangat rendah seluas 331,3 Ha, risiko banjir rendah seluas 193,8 Ha, risiko bencana banjir sedang seluas 2071 Ha dan risiko bencana banjir tinggi seluas 3024,5 Ha. Model pengelolaan rekayasa pengendalian bencana banjir secara struktur yaitu pembangunan kolam retensi, peninggian dinding sungai, normalisasi penampang badan sungai, bronjong, dan bangunan pengendali sedimen. Secara non-struktur menggunakan pendekatan institusi dan sosial. Kata kunci: Bencana banjir, subDAS, risiko, scoring, rekayasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:04
Last Modified: 18 Dec 2017 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item