ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN METODE RISK-BASED BANK RATING (Studi Analisis pada Bank BUMN yang Go Public Periode Tahun 2014-2016)

Dhaneswara, Rafif (2017) ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN METODE RISK-BASED BANK RATING (Studi Analisis pada Bank BUMN yang Go Public Periode Tahun 2014-2016). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 3 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of SKRIPSI---RAFIF-DHANESWARA---152130084.pdf] Text
SKRIPSI---RAFIF-DHANESWARA---152130084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan ban
menggunakan metode Risk-Based Bank Rating pada bank BUMN yang Go Publiperiode 2014-2016. Penelitian ini melakukan penilaian terhadap 4 (empat) faktorfaktor Risk Profile dengan rasio NPL dan LDR, faktor Good CorporateGovernance, faktor Earning dengan rasio ROA dan NIM, dan faktor Capitaldengan rasio CAR. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 4 data keuangaperusahaan perbankan BUMN yang Go Public tahun 2014-2016. Kriteripengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Tippenelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dan teknik pengumpuladata dengan metode dokumentasi. Dari data yang dikumpulkan, dilakukan analisisrisk profile, analisis good corporate governance, analisis earning, dan analisiscapital. Setelah itu menetapkan peringkat komposit dari hasil analisis dattersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan selama periode 2014-2016 BankMandiri memperoleh predikat “sangat sehat”, Bank BNI memperoleh predika“sangat sehat”, Bank BTN memperoleh predikat “sehat”, dan Bank BRmemperoleh predikat “sangat sehat”. Perhitungan rasio NPL mayoritamenunjukkan bank telah mengelola risikonya dengan baik meskipun pada rasiLDR cenderung menunjukkan tren yang meningkat. Penilaian GCG menunjukkamayoritas tata kelola perusahaan telah dilakukan dengan baik. Perhitungan ROA
dan NIM menunjukkan kemampuan bank dalam mencapai laba yang tinggi.Perhitungan CAR selalu diatas batas minimum Bank Indonesia sehingga dianggapmampu dalam mengelola permodalannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya para manajemen bank BUMNmencari cara untuk meningkatkan jumlah simpanan para nasabah agar dapadiputar menjadi kredit, sehingga dapat memperbaiki rasio LDR dan meningkatkakeuntungan perusahaan. Sedangkan untuk stakeholder lainnya sebaiknyamempertimbangkan untuk memilih bank yang sehat sebelum menempatkan danapada suatu bank.

Kata Kunci: Tingkat kesehatan bank, Metode RBBR, Analisis RGEC, Risk-Based
Bank Rating

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kesehatan bank, Metode RBBR, Analisis RGEC, Risk-Based Bank Rating
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Dec 2017 03:16
Last Modified: 20 Oct 2023 08:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item View Item