KAJIAN PRODUKTIFITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PENGUPASAN OVERBURDEN PADA KEGIATANPENAMBANGAN BATUBARA DI PT. KALIMANTAN PRIMA PERSADA KALIMANTAN SELATAN

AHMAD, MUSLIHUDDIN (2017) KAJIAN PRODUKTIFITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PENGUPASAN OVERBURDEN PADA KEGIATANPENAMBANGAN BATUBARA DI PT. KALIMANTAN PRIMA PERSADA KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Kalimantan Prima Persada adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan yang terletak di Desa Sabah, Kecamatan Rantau, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Sistem penambangan yang digunakan oleh PT. Kalimantan Prima Persada adalah sistem tambang terbuka. Kegiatan pengupasan overburden pada saat ini dilakukan dengan menggunakan backhoe Komatsu Excavator PC 1250SP-7 dan Komatsu Excavator PC 750-7 diangkut menggunakan Komatsu HD 465-7 dan Komatsu HD 785-7 menuju lokasi penimbunan. Jarak angkut terjauh dari lokasi penambangan menuju ke lokasi penimbunan adalah 2500 meter. Permasalahan yang terjadi pada saat ini adalah belum tercapainya target produksi pengupasan overburden sebesar 1.319.102,13 BCM/bulan. Produksi aktual kombinasi alat gali-muat dan alat angkut saat ini sebesar 1.221.568,85 BCM/bulan, sehingga masih terdapat kekurangan sebesar 97.533,28 BCM/bulan. Hal ini disebabkan kondisi jalan angkut yang kurang baik yang ada di lokasi penambangan dan rendahnya waktu kerja efektif sebagai akibat dari hambatan-hambatan yang ada sehingga menyebabkan efisiensi kerja alat yang rendah. Tingkat ketercapaian produksi aktual yaitu 92,60 % dan tingkat ketercapaian produksi hasil penelitian yaitu 82,92 %, maka tidak diperlukan upaya peningkatan produksi overburden. Faktor-faktor yang mempengaruhi belum tercapainya target pengupasan yaitu pola pemuatan, kondisi jalan angkut, dan rendahnya waktu efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Nov 2017 06:35
Last Modified: 30 Nov 2017 06:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13862

Actions (login required)

View Item View Item