STUDI LABORATORIUM PENGEMBANGAN FORMULASI SURFAKTAN SLS (SODIUM LIGNOSULFONATE) UNTUK PENINGKATAN PEROLEHAN MINYAK TAHAP LANJUT RESERVOIR “ANA” LAPANGAN “TMP”

NOVI ANDINI, AULIA (2017) STUDI LABORATORIUM PENGEMBANGAN FORMULASI SURFAKTAN SLS (SODIUM LIGNOSULFONATE) UNTUK PENINGKATAN PEROLEHAN MINYAK TAHAP LANJUT RESERVOIR “ANA” LAPANGAN “TMP”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Injeksi air telah diterapkan pada Reservoir “ANA” Lapangan “TMP”. Seiring dengan bertambahnya waktu, produksi semakin menurun. Dalam rangka meningkatkan produksi minyak kembali Reservoir "ANA" Lapangan "TMP“, diterapkan metode EOR berupa injeksi kimia. Berdasarkan screening criteria yang ada, parameter batuan dan fluida Reservoir “ANA” lapangan “TMP” yang sesuai untuk diterapkan adalah injeksi surfaktan. Dalam penelitian ini jenis surfaktan yang akan digunakan adalah surfaktan sodium lignosulfonate (SLS) dimana salah satu keterbatasannya adalah sifatnya yang belum maksimal dalam menurunkan tegangan antarmuka sehingga perlu dilakukan formulasi untuk memperbaiki kinerjanya. Penelitian yang dilakukan merupakan studi laboratorium menggunakan artificial core dengan berbagai variasi konsentrasi larutan surfaktan SLS (weight/weight). Dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat menjawab permasalahan bagaimana mencari formulasi optimal surfaktan SLS pada proses pengujian kompatibilitas dan injeksi artificial core Reservoir “ANA” Lapangan “TMP”. Studi laboratorium yang dilakukan memiliki maksud untuk mendapatkan konsentrasi larutan surfaktan SLS yang optimal pada proses injeksi artificial core Reservoir “ANA” Lapangan “TMP” dan bertujuan untuk melakukan penelitian skala laboratorium dengan berbagai variasi konsentrasi agar didapatkan konsentrasi larutan surfaktan SLS yang optimal terhadap artificial core Reservoir “ANA” Lapangan “TMP”. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini meliputi uji kompatibilitas surfaktan SLS yang dilakukan di laboratorium dan dilanjutkan ke tahap coreflooding. Uji kompatibilitas terdiri dari 3 pengujian, yaitu uji aqueous stability, uji phase behavior, dan uji interfacial tension (IFT). Uji kompatibilitas pertama dilakukan pada larutan surfaktan SLS tanpa formulasi, jika memberikan hasil yang kurang optimal maka dilakukanlah formulasi. Formulasi yang diterapkan pada penelitian ini yaitu penambahan sodium oleat sebagai kosurfaktan dan etilen glikol butil eter (EGBE) sebagai dispersan, dengan perbandingan 80% surfaktan SLS : 16% sodium oleat : 4% EGBE. Kemudian dilakukan kembali pengujian kompatibilitas larutan surfaktan dengan formulasi hingga didapatkan hasil yang optimal terutama pada pengujian IFT. Setelah didapatkan konsentrasi yang optimal, dilakukanlah coreflooding dan memilih konsentrasi yang menghasilkan harga RF incremental terbesar. Konsentrasi larutan surfaktan SLS tanpa formulasi tidak lolos uji kompatibilitas dikarenakan terbentuknya pengendapan (2 fasa) pada uji aqueous stability dan harga IFT terkecil hanya mencapai 10 -1 mN/m. Konsentrasi larutan surfaktan SLS yang lolos uji kompatibilitas dan dilanjutkan ke tahap coreflood yaitu konsentrasi larutan surfaktan SLS formulasi 0.5% dan 1%. Konsentrasi larutan surfaktan SLS formulasi 0.5% merupakan konsentrasi yang paling optimal terhadap artificial core Reservoir “ANA” Lapangan “TMP” karena menghasilkan RF incremental terbesar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:56
Last Modified: 22 Nov 2017 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13826

Actions (login required)

View Item View Item