KOMUNIKASI VISUAL KREATIF BERBASIS IT BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB DHARMA BHAKTI PIYUNGAN, YOGYAKARTA

TRIPAMBUDI, Sigit and Pratomo, Awang Hendrianto and UTAMI, Yenni Sri and Simanjuntak, Oliver Samuel (2017) KOMUNIKASI VISUAL KREATIF BERBASIS IT BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB DHARMA BHAKTI PIYUNGAN, YOGYAKARTA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TAHUN KE-3 CALL FOR PAPERS DAN PAMERAN HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEMENRISTEKDIKTI RI, 10 Oktober 2017, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FORMAT JURNAL.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Pengajar selaku komunikator harus memiliki strategi penyusunan pesan agar transfer ilmu pengetahuan dan pembentukan sikap mental peserta didik dapat dilakukan, termasuk dalam mengajar peserta didik tuna rungu dan wicara. Media pembelajaran berbasis teknologi informasi memiliki kelebihan dalam mensimulasikan dan menyalurkan pesan dan mensimulasi proses belajar mengajar bagi anak tuna rungu dan wicara. Materi akan menjadi lebih jelas karena tidak bersifat verbalistik, sehingga dapat memberikan penjelasan terhadap objek yang susah seperti (iklim, bumi, dan gempa), memberikan motivasi siswa untuk belajar lebih baik dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Melalui teori behavior dan teori perkembangan IT menjadi dasar dalam menjelaskan urgensi inovasi pada komunikasi pembelajaran bagi anak tuna rungu dan wicara. Metode komunikasi pembelajaran bisindo adalah sistem komunikasi yang praktis dan efektif bagipenyandang tunarungu Indonesia yang dikembangkan oleh tunarungu sendiri. Bisindo digunakan untuk berkomunikasi antar individu sebagaimana sama seperti halnya dengan bahasa Indonesia pada umumnya. Pada aplikasi online Bisindo ini akan memperlihatkan simbol–simbol gambar dan video berupa gerakan bahasa isyarat yang mudah untuk difahami.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pembelajaran, aplikasi bisindo, tuna rungu dan wicara
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: YENNI SRI UTAMI
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:49
Last Modified: 18 Oct 2019 06:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item