GEOLOGI DAN KAJIAN ZONASI RAWAN GERAKAN MASSA DAERAH KALIJAYA DAN SEKITARNYA, KECAMATAN ALIAN DAN KARANGSAMBUNG, KABUPATEN KEBUMEN, PROVINSI JAWA TENGAH

Bagas, Vingky Agusto (2017) GEOLOGI DAN KAJIAN ZONASI RAWAN GERAKAN MASSA DAERAH KALIJAYA DAN SEKITARNYA, KECAMATAN ALIAN DAN KARANGSAMBUNG, KABUPATEN KEBUMEN, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
#0 Cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
#1 Lembar Pengesahan.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
#2 Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
#3 Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

SARI Tujuan penelitian adalah mengkaji zonasi rawan gerakan massa daerah Kalijaya dan sekitarnya. Sedangkan secara administratif daerah penelitian masuk ke dalam Kecamatan Kalijaya, Karangsambung, Pejagoan, dan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat (Geografis-WGS84-Zona 49S) 109°39’06” BT - 109°41’50” BT dan 7°38’21” LS – 7°37’49” LS. Metodologi penelitian ini berdasarkan pemetaan geologi permukaan berupa pengukuran persebaran satuan batuan berdasarkan aspek litologi dan stratigrafi. Pada lapangan dilakukan pengukuran kedudukan batuan, struktur geologi, analisa megaskopis batuan, serta pembagian jenis batuan. Pada studio dilakukan analisis stereografis struktur geologi, analisa petrografi, analisa paleontologi, pembuatan peta penelitian berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis) yang akan menghasilkan peta zonasi rawan gerakan massa dengan parameter curah hujan, kelerengan, jenis batuan, penggunaan lahan, dan jarak patahan. Hasil penelitian berupa peta geomorfologi dengan pembagian bentuk lahan Satuan Bentuk Lahan Lembah Homoklin (S21), Perbukitan Lipatan (S22), Dataran Aluvial (F1), dan Tubuh Sungai (F22). Peta geologi membagi stratigrafi daerah penelitian enam satuan dari tua ke muda, batupasir Penosogan berumur Miosen Tengah (N9-N13), breksi-1 Halang, batupasir-1 Halang berumur Miosen Tengah – Miosen Akhir (N14-N16) breksi-2 Halang, dan batupasir-2 Halang berumur Miosen Akhir – Pliosen Awal (N17-N19), serta endapan aluvial berumur Recent. Peta zonasi rawan gerakan massa daerah penelitian membagi tiga zona rawan gerakan massa, yaitu zona rendah di Desa Jemur hingga Desa Peniron pada daerah sepanjang aliran Sungai Luk Ulo; zona sedang tersebar merata di seluruh lokasi penelitian pada morfologi lembah dan perbukitan di Kecamatan Alian, Karangsambung, Pejagoan, dan Kebumen; zona tinggi tersebar merata pada morfologi perbukitan dan lembah di Kecamatan Alian, Karangsambung, Pejagoan, dan Kebumen. Kata Kunci : gerakan massa, zonasi, Alian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:55
Last Modified: 17 Nov 2017 03:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13794

Actions (login required)

View Item View Item