PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi pada Bakpia Pathuk “25” Yogyakarta”)

Pusponegoro, Elna Anggun (2015) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi pada Bakpia Pathuk “25” Yogyakarta”). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh yang signifikan dari kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Bakpia Pathuk “25”. 2) pengaruh yang signifikan dari kepuasan konsumen terhadap kepercayaan konsumen Bakpia Pathuk “25”. 3) pengaruh yang signifikan dari kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen Bakpia Pathuk “25”. 4) pengar uh tidak langsung yang signifikan dari kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen melalui kepuasan konsumen Bakpia Pathuk “25” Variabel penelitian ini terdiri dari kualitas produk, kepuasan konsumen dan kepercayaan konsumen. Obyek penelitian yang diambi l adalah konsumen Bakpia Pathuk “25” dengan persyaratan telah melakukan pembelian produk bakpia lebih dari satu kali pembelian. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research . Instrumen yang diguna kan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Populasinya adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian produk bakpia yang berjumlah 2400 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu penarikan sampel secara purposiv e yang dilakukan dengan cara memilih subjek berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan teknik ini, diperoleh sampel penelitian sejunlah 96 orang. Analisis data penelitian meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial d engan analisis jalur beserta pengujian asumsi klasik sebelum dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh dari variabel kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh variabel kualitas produk terhadap kepuasan konsumen a dalah signifikan dengan besarnya koefisien determinasi (R square) 0,485 dapat diartikan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk sebesar 48,5% dan t hitung sebesar 9,415 serta probabilitas (p = 0,000) lebih kecil dari 0,05. Artinya semaki n tinggi kualitas produk maka kepuasan konsumen juga akan tinggi, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah kualitas produk maka kepuasan konsumen juga akan rendah. Hipotesis 2 terdapat pengaruh secara signifikan dari variabel kepuasan konsumen terhadap k epercayaan konsumen dengan besarnya koefisien determinasi (R square) 0,610 yang berarti kepercayaan konsumen di p engaruhi o l eh kepuasan konsumen se besar 61,0% dan nilai t htung sebesar 12,123 serta dibuktikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Artinya semakin besar kepuasan konsumen maka kepercayaan konsumen juga akan besar, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah kepercayaan konumen maka kepercayaan konsumen juga ak an rendah. Hipotesis 3 terdapat pengaruh secara signifikan dari variabel kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen dengan besarnya R square 0,463 yang berarti kualitas produk mempengaruhi kepercayaan konsumen sebesar 46,3% dan nilai t hitung sebesar 9, 001 serta dibuktikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Artinya semakin tinggi kualitas produk maka kepercayaan konsumen akan tinggi, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah kualitas produk maka kepercayaan konsumen juga ak an rendah. Hipotesis 4 terdapat pengaruh tidak langsung secara signifikan kualitas produk terhadap kepercayaan kon sumen melalui kepuasan konsumen dengan membandingkan nilai t hitung dan t tabel pada tingkat signifikasi 5%. Berdasarkan hasil regresi linear sed erhana diperoleh t hitung sebesar 9,415 dan t hitung > t tabel maka dapat dinyatakan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, selanjutnya berdasarkan hasil regresi linear sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 12,123 dan t hitung >t tabel maka dapat dinyatakan bahwa wariabel kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Hal ini menunjukkan adaya pengaruh tidak langsung kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen melalui kepuasan konsumen. K ata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 18 May 2016 03:47
Last Modified: 18 May 2016 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item