Pusponegoro, Elna Anggun (2015) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi pada Bakpia Pathuk “25” Yogyakarta”). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
abstraksi.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh yang signifikan dari
kualitas produk
terhadap kepuasan konsumen
Bakpia Pathuk “25”. 2) pengaruh
yang signifikan dari kepuasan konsumen terhadap kepercayaan konsumen Bakpia
Pathuk “25”. 3) pengaruh yang signifikan dari kualitas produk terhadap
kepercayaan konsumen Bakpia Pathuk “25”. 4) pengar
uh tidak langsung yang
signifikan dari kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen melalui kepuasan
konsumen Bakpia Pathuk “25”
Variabel penelitian ini terdiri dari kualitas produk, kepuasan konsumen dan
kepercayaan konsumen. Obyek penelitian yang diambi
l adalah konsumen Bakpia
Pathuk “25” dengan persyaratan telah melakukan pembelian produk bakpia lebih
dari satu kali pembelian. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer.
Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory research
.
Instrumen yang diguna
kan
dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Populasinya
adalah seluruh
konsumen yang melakukan pembelian produk bakpia yang berjumlah 2400 orang.
Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu
penarikan sampel secara purposiv
e yang dilakukan dengan cara memilih subjek
berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan teknik ini,
diperoleh sampel penelitian sejunlah 96 orang. Analisis data penelitian meliputi
analisis deskriptif dan analisis inferensial d
engan analisis jalur beserta pengujian
asumsi klasik sebelum dilakukan analisis data.
Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh
dari variabel kualitas
produk terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh variabel kualitas produk terhadap
kepuasan konsumen a
dalah signifikan dengan besarnya koefisien determinasi (R
square) 0,485 dapat diartikan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh
kualitas produk sebesar 48,5% dan
t
hitung
sebesar 9,415 serta
probabilitas (p =
0,000) lebih kecil dari 0,05. Artinya semaki
n tinggi kualitas produk maka
kepuasan konsumen juga akan tinggi, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah
kualitas produk maka kepuasan konsumen juga akan rendah.
Hipotesis 2 terdapat
pengaruh secara signifikan dari variabel kepuasan konsumen terhadap
k
epercayaan konsumen dengan besarnya koefisien determinasi (R square) 0,610
yang berarti kepercayaan konsumen di
p
engaruhi o
l
eh kepuasan konsumen se
besar
61,0% dan
nilai t
htung
sebesar 12,123 serta
dibuktikan dengan nilai probabilitas
sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Artinya semakin besar kepuasan
konsumen maka kepercayaan konsumen juga akan besar, begitu pula sebaliknya
jika semakin rendah kepercayaan konumen maka kepercayaan konsumen juga
ak
an rendah.
Hipotesis 3 terdapat pengaruh secara signifikan dari variabel kualitas
produk terhadap kepercayaan konsumen dengan besarnya R square 0,463 yang
berarti kualitas produk mempengaruhi kepercayaan konsumen sebesar 46,3% dan
nilai t
hitung
sebesar 9,
001 serta dibuktikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000
yang berarti 0,000<0,05. Artinya semakin tinggi kualitas produk maka
kepercayaan konsumen akan tinggi, begitu pula sebaliknya jika semakin rendah
kualitas produk maka kepercayaan konsumen juga ak
an rendah. Hipotesis 4
terdapat pengaruh tidak langsung secara signifikan kualitas produk terhadap
kepercayaan kon
sumen melalui kepuasan konsumen
dengan
membandingkan
nilai
t
hitung
dan
t
tabel
pada tingkat signifikasi 5%. Berdasarkan hasil regresi linear
sed
erhana diperoleh t
hitung
sebesar
9,415
dan t
hitung
> t
tabel
maka dapat dinyatakan
bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen, selanjutnya berdasarkan hasil regresi linear sederhana diperoleh nilai
t
hitung
sebesar 12,123
dan t
hitung
>t
tabel
maka dapat dinyatakan bahwa wariabel
kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Hal
ini menunjukkan adaya pengaruh tidak langsung kualitas produk terhadap
kepercayaan konsumen melalui kepuasan konsumen.
K
ata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Konsumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 18 May 2016 03:47 |
Last Modified: | 18 May 2016 03:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |