Diversifikasi Produk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed.

Hutomo, Kelvin Heppy (2015) Diversifikasi Produk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Kelvin Heppy Hutomi, NIM : 152100121, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, angkatan 2010, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul : Diversifikasi Produk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed. Pembimb ing : Suratna, M.AB. dan Ida Susi Dewanti, S.Sos, M.Si. Gitar merupakan salah satu produk alat musik yang paling laku dijual. Pada penggunaanya gitar selalu dilengkapi dengan st rap agar gitar dapat dipakai secara maksimal. Selama ini strap yang ada hanya berupa motif polos tribal yang tidak mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Dengan keinginan melestarikan bud aya dan peluang bisnis yang besar , penulis ingin memasukan ciri khas budaya Indonesia yaitu batik dengan membuat strap gitar dan bass bermotifkan ba tik. Ide tersebut tertuang secara jelas dalam bisnis plan dengan judul “ Diversifikasi P roduk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed ”. Bisnis ini dilaksanakan di Kabupaten Sleman tepatnya di jalan Kapten Haryadi no.9b Iropaten, Triharjo, Sleman. Bahan utama yang digunakan adalah kain batik, bahan strap, stopper, holder, dan vinyil. Dibutuhkan 2 mesin jahit untuk menjahit vinyil dan menjahit kain karena mesin jahit biasa tidak mempan digunakan untuk menjahit vinyil. Selama 2,5 bulan implem entasi , IRO designed berhasil memproduksi 127 strap. Dari 127 str a p yang berhasil diprod uksi, 54 strap berhasil terjual . Sebagian besar penjualan didapat melalui penjualan langsung dengan media online sebagai sarana informasi utama IRO designed. Forum jual - beli Kaskus mencatat ada sekitar 4000 pengunjung pada halaman iklan IRO designed. Hal itu menunjukan sikap ketertarikan yang tinggi pada produk IRO designed tetapi dengan jumlah penj ualan yang hanya 54 strap dapat diperkirakan produk yang ditawarkan IRO d esigned belum mampu memnuhi kebutuhan dari 4000 pengunjung tersebut. Pada sektor produksi, jumlah produk yang dihasilkan jauh dari perencanaan membuat laba yang diperoleh IRO designed kurang maksimal. Walaupun hubungan jumlah produksi dan jumlah penjualan tidak selalu positif tetapi jika stock produk tercukupi maka penulis akan terus mencari cara mempromosikan produk tersebut. Maka dari itu rencana selanjutnya penulis akan meningkatkan jumlah produksi dengan varian yang lebih beragam agar produk IRO designed dapat diterima oleh seluruh lapisan musisi tanah air. Selain itu, pemasaran pada era global ini membuat penulis ingin memasarkan produknya ke luar negeri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 18 May 2016 03:39
Last Modified: 18 May 2016 03:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item