Hutomo, Kelvin Heppy (2015) Diversifikasi Produk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Abstraksi.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI
Kelvin Heppy Hutomi, NIM :
152100121, Program Studi Ilmu
Administrasi Bisnis, angkatan 2010, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul : Diversifikasi
Produk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed. Pembimb
ing
: Suratna, M.AB. dan Ida Susi Dewanti, S.Sos, M.Si.
Gitar merupakan salah satu produk alat musik yang paling laku dijual.
Pada penggunaanya gitar selalu dilengkapi dengan st
rap agar gitar dapat dipakai
secara maksimal. Selama ini strap yang ada hanya
berupa motif polos tribal yang
tidak mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Dengan keinginan melestarikan
bud
aya dan peluang bisnis yang besar
, penulis ingin memasukan ciri khas budaya
Indonesia yaitu batik dengan membuat strap gitar dan bass bermotifkan ba
tik. Ide
tersebut tertuang secara jelas dalam bisnis plan dengan judul “
Diversifikasi
P
roduk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed
”.
Bisnis ini dilaksanakan di Kabupaten Sleman tepatnya di jalan Kapten
Haryadi no.9b Iropaten, Triharjo,
Sleman. Bahan utama yang digunakan adalah
kain batik, bahan strap, stopper, holder, dan vinyil. Dibutuhkan 2 mesin jahit
untuk menjahit vinyil dan menjahit kain karena mesin jahit biasa tidak mempan
digunakan untuk menjahit vinyil. Selama 2,5 bulan implem
entasi
, IRO designed
berhasil memproduksi 127 strap. Dari 127 str
a
p yang berhasil diprod
uksi, 54 strap
berhasil terjual
.
Sebagian besar penjualan didapat melalui penjualan langsung
dengan media online sebagai sarana informasi utama IRO designed. Forum jual
-
beli Kaskus mencatat ada sekitar 4000 pengunjung pada halaman iklan IRO
designed. Hal itu menunjukan sikap ketertarikan yang tinggi pada produk IRO
designed tetapi dengan jumlah penj
ualan yang hanya 54 strap dapat diperkirakan
produk yang ditawarkan IRO d
esigned belum mampu memnuhi kebutuhan dari
4000 pengunjung tersebut.
Pada sektor produksi, jumlah produk yang dihasilkan jauh dari
perencanaan membuat laba yang diperoleh IRO designed kurang maksimal.
Walaupun hubungan jumlah produksi dan jumlah penjualan
tidak selalu positif
tetapi jika stock produk tercukupi maka penulis akan terus mencari cara
mempromosikan produk tersebut. Maka dari itu rencana selanjutnya penulis akan
meningkatkan jumlah produksi dengan varian yang lebih beragam agar produk
IRO designed dapat diterima oleh seluruh lapisan musisi tanah air. Selain itu,
pemasaran pada era global ini membuat penulis ingin memasarkan produknya ke
luar negeri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 18 May 2016 03:39 |
Last Modified: | 18 May 2016 03:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |