SUATU PEMIKIRAN MENCARI PARADIGMA BARU DALAM PENGELOLAAN TANAH YANG RAMAH LINGKUNGAN (NEW PARADIGM FOR ENVIRONMENTALLY FRIENDLY SOIL MANAGEMENT - A PROPOSAL)

Shiddieq, Dja'far and Partoyo, Partoyo (2000) SUATU PEMIKIRAN MENCARI PARADIGMA BARU DALAM PENGELOLAAN TANAH YANG RAMAH LINGKUNGAN (NEW PARADIGM FOR ENVIRONMENTALLY FRIENDLY SOIL MANAGEMENT - A PROPOSAL). In: Kongres Nasional VII HITI, 2-4 November 1999, Bandung.

WarningThere is a more recent version of this item available.
Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pengelolaan tanah konvensional cenderung menggarap tanah secara masinal dan menggunakan bahan kimia buatan sebagai pasokan unsur hara tanaman secara berlebihan. Dampak negatif praktik demikian telah mulai dirasakan. Terjadinya pelandaian produktivitas tanah, penurunan efisiensi pemupukan, pemampatan tanah, peningkatan erosi, dan terganggunya aktivitas flora dan fauna tanah merupakan fenomena-fenomena yang sering disebut. Oleh karenanya perlu dicari pengelolaan tanah alternatif yang ramah lingkungan. Penggunaan bahan organik, suatu hal yang dahulu banyak dilakukan orang dan kemudian mulai ditinggalkan dengan adanya pupuk kimia buatan, kiranya perlu dipertimbangkan kembali. Bahan organik memperbaiki sifat-sifat fisika, kimiawi, dan biologi tanah; dikaitkan juga dengan penggunaan jasad renik tanah seperti Rhizobium, Anabaena, Azotobacter, mikorisa, dll sebagai pupuk hayati (biofertilizer), cara ini diyakini sebagai cara pengelolaan tanah yang benar karena memperbaiki dan meningkatkan kesuburan fifika, kimiaei, dan biologi serta kesehatan tanah. Namun pengelolaan tanah harus memperhatikan juga kondisi lingkungan, sehingga pengelolaan tanah harus berorientasi pada zona agroekosistem. Hal yang perlu dipikirkan ialah pemilahan zona-zona agroekosistem. Untuk itu diperlukan peta tanah sangat detil (skala 1:1.000 a.d. 1:10.000), dan penentuan jenis bahan organik dan pupuk hayati yang harus digunakan, dan takarannya yang tepat dalam kaitan dengan kondisi lingkungannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: environmentally friendly land management; Rhizobium; agroecological zone; pengelolaan tanah ramah lingkungan; zona agroekologi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: PARTOYO .
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:14
Last Modified: 08 Nov 2017 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13701

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item