ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTION DAN METODE CONTOUR DI CV. CENTRAL STONE PERKASA DESA HARGOREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KURNIAWAN, FAHRIZAL ALDY (2017) ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTION DAN METODE CONTOUR DI CV. CENTRAL STONE PERKASA DESA HARGOREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FIX.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK ALDY FIX.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN CV. Central Stone Perkasa (CV. CSP) merupakan salah satu perusahaan penambangan Batu Andesit di wilayah Kabupaten Kulon Progo, yang beroperasi di Dusun Gunung Kukusan, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seiring dengan pertumbuhan pembangunan di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta maka untuk mencukupi kebutuhan bahan material bangunan CV. CSP berupaya untuk membuka suatu quarry batu andesit. Minimnya data potensi bahan galian Mineral Batuan di wilayah Kabupaten Kulon Progo tentang jumlah sumberdaya dan cadangan batu andesit sehingga perlu dilakukan perhitungan sumberdaya untuk mengetahui informasi terkait sumberdaya bahan galian batu andesit. Berdasarkan keadaan topografi, geologi, dan genesa pada daerah penelitian maka estimasi sumberdaya dan cadangan di lokasi penelitian dilakukan menggunakan metode Cross Section dan metode Contour dengan pedoman Rule of Gradual Change. Dasar lain pertimbangan penggunaan kedua metode tersebut karena batu andesit mempunyai homogenitas yang tinggi, mudah dilaksanakan, cepat dan hasil penaksiran cukup akurat. Berdasarkan pada penelitian didapatkan tebal lapisan penutup 1,5 meter dengan elevasi terendah 168 mdpl dan elevasi tertinggi tertinggi 306 mdpl. Selanjutnya dilakukan perhitungan dengan Metode Cross Section pembuatan sayatan dengan memotong topografi rata-rata pada jarak sayatan 20-25m Selatan – Utara dan jarak sayatan 15-30m Barat – Timur diperoleh tonase sebesar 29.981.864,93 ton. Perhitungan estimasi Sumberdaya batu Andesit dengan metode contour diperoleh tonase sebesar 29.747.796,57 ton dan volume sumberdaya batu andesit sebesar 12.089.461,65 m3 sedangkan dengan metode Contour dengan pedoman perubahan bertahap (rule of gradual change) diperoleh volume sumberdaya batu andesit sebesar 11.995.079,26 m3. Terdapat perbedaan volume sumberdaya batu andesit metode Cross Section dengan metode Contour sebesar 94.382,4 m3 lebih besar perhitungan metode Cross Section dan sumberdaya batu andesit di lokasi penelitian diklasifikasikan sumberdaya mineral teunjuk (indicated mineral resources).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Nov 2017 07:34
Last Modified: 06 Nov 2017 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item