PERBAIKAN TEKNIK BUDIDAYA BUNGA KRISAN PASCA ERUPSI MERAPI DI HARGOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BUNGA

Wijayani, Ari and Amiaji, Eko (2014) PERBAIKAN TEKNIK BUDIDAYA BUNGA KRISAN PASCA ERUPSI MERAPI DI HARGOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BUNGA. Jurnal Hasil Penelitian Kabupaten Sleman, 1 (1). pp. 25-40.

[img]
Preview
Text
BAPEDA NASKAH ARI.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Bunga krisan dari Hargobinangun menjadi andalan perekonomian masyarakat sekitar, selain itu produksi bunga potong disini menjadi pemasok utama di DIY pada saat sebelum erupsi. Akan tetapi saat ini kebutuhan bunga potong di DIY harus mengambil dari daerah lain seperti Cipanas, Pasuruan dan Malang karena produksi di Hargobinangun tidak mencukupi pasca erupsi Merapi. Salah satu penyebab menurunnya produksi bunga adalah rusaknya lingkungan, tanah di lokasi pertanaman tertutup pasir dan abu vulkanik cukup tebal akibat erupsi gunung Merapi. Kegiatan alih teknologi yang sekaligus penelitian telah dilakukan tim peneliti Litbang LPPM UPNVY di Hargobinangun Sleman Yogyakarta. Teknologi pemberian amelioran pada tanah di daerah terdampak bencana menggunakan teknik yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang murah dan ada disekitar lokasi petani, yaitu berupa pupuk kandang, kascing, seresah daun bambu dan kompos pakis. Teknik budidaya dengan penambahan lampu buatan pada jarak 50, 100 dan 150 cm juga diujikan disini. Uji faselife bunga juga dilakukan pada berbagai varietas bunga krisan dengan perendaman larutan chrysal, air gula dan air. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesuburan tanah meningkat setelah diberi amelioran, pertumbuhan tanaman yang berupa tinggi tanaman, diameter batang, luas daun juga signifikan dibanding kontrol. Produksi bunga potong yang berupa diameter bunga, jumlah bunga pita dan warna bunga juga lebih bagus dibandingkan kontrol. Varietas Zena yang direndam larutan chrysal mempunyai faselife hingga 15 hari.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Ir.MP ARI WIJAYANI
Date Deposited: 06 Nov 2017 07:47
Last Modified: 06 Nov 2017 07:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13652

Actions (login required)

View Item View Item