STUDI AWAL MENGENAI GUNUNG API PURBA DI KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SERTA APLIKASINYA DALAM MITIGASI BENCANA GUNUNG API PADA MASA SEKARANG

FARUQI, Muhammad Dzulfikar and PRIHUTAMA, Faiz Akbar and HARJANTO, Agus (2017) STUDI AWAL MENGENAI GUNUNG API PURBA DI KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SERTA APLIKASINYA DALAM MITIGASI BENCANA GUNUNG API PADA MASA SEKARANG. In: Seminar Nasional Kebumian XII-FTM-UPN “Veteran” Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PAPER Semnas FTM Dzul & Faiz.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gunung api merupakan tempat magma keluar ke permukaan bumi menjadi lava. Gunung api purba merupakan fosil gunung api yang berumur Tersier atau lebih. Berdasarkan bentuk bentang alam dan asosiasi batuan penyusun, kerucut gunung api dibagi menjadi fasies sentral, proksimal, medial, dan distal. Pembagian ini dapat dimanfaatkan dalam pencarian sumber baru di bidang energi dan mineral, tata kelola lingkungan kebumian, serta mitigasi bencana gunung api. Daerah penelitian berada di Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis citra, analisis jenis litologi, serta analisis struktur geologi. Daerah penelitian masuk dalam Formasi Semilir yang terdiri dari litologi berupa batupasir tufan, batulanau, batulempung, tuff, serta breksi dengan fragmen andesit. Fasies gunung api yang berkembang yaitu fasies proksimal hingga fasies distal. Dari data primer struktur geologi daerah penelitian didapatkan struktur yang didominasi sesar normal berarah barat-timur, serta kekar dengan tegasan barat laut tenggara dan utara-selatan. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi dalam penelitian lanjutan menge nai gunung api purba serta membantu dalam mitigasi gunung api pada masa sekarang. Kata kunci: fasies gunung api, mitigasi, Ngawen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mrs Sri Lestari
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:28
Last Modified: 01 Nov 2017 02:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item