EVALUASI PENANGGULANGAN WELL KICK DENGAN METODE WAIT AND WEIGHT PADA SUMUR EKSPLORASI “TGW-001” LAPANGAN WEST GANTAR PT. PERTAMINA EP

PUTRA, RIYANZA (2017) EVALUASI PENANGGULANGAN WELL KICK DENGAN METODE WAIT AND WEIGHT PADA SUMUR EKSPLORASI “TGW-001” LAPANGAN WEST GANTAR PT. PERTAMINA EP. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemboran vertikal sumur eksplorasi “TGW-001” di Lapangan West Gantar (WGT) direncanakan akan dibor hingga kedalaman tegak terakhir pada trayek 6” mencapai 9840 ft (TD). Target pemboran pada sumur ini adalah Formasi Jatibarang. Pemboran sumur “TGW-001” ini bertujuan untuk mengkonfirmasi adanya kompartemen baru di bagian barat Lapangan Gantar. Pada saat pemboran sumur “TGW-001” trayek 8 ½” terjadi problem well kick di kedalaman 2587.41 m (8487 ft). Problem well kick ini harus diatasi dengan baik agar tidak terjadi blow out. Penanggulangan well kick pada sumur “TGW-001” dilakukan dengan metode wait and weight, yaitu metode satu kali sirkulasi atau fluida kick langsung dikeluarkan menggunakan lumpur berat. Langkah-langkah evaluasi penanggulangan well kick dengan metode wait and weight yaitu menutup BOP, mencatat nilai shut ini casing pressure (SICP) dan shut ini drillpipe pressure (SIDP), menghitung tekanan formasi saat terjadi well kick, tekanan hidrostatik lumpur saat terjadi well kick, tekanan hidrodinamik lumpur saat terjadi well kick, densitas lumpur baru (kill mud weigth) yang meliputi besaran densitas dan total volume lumpur di lubang bor, jumlah sack barite yang ditambahkan, jumlah stroke pompa yang diperlukan saat penanggulangan kick (pump stroke surface to surface), total waktu penanggulangan well kick dan nilai shut in Drillpipe Pressure setelah penanggulangan well kick, melakukan evaluasi dengan cara membandingkan hasil perhitungan dengan data pelaksanaan di lapangan, menyimpulkan hasil evaluasi. Penanggulangan well kick dilakukan dengan membuat lumpur baru dengan densitas 11.08 ppg. Tekanan hidrostatik yang dihasilkan sebesar 4890 psi sehingga tekanan hidrostatik dapat menahan tekanan formasi sebesar 4792 psi. Total stroke pompa yang dibutuhkan untuk memompakan lumpur sebesar 3591 stroke dengan lama pemompaan selama 73 menit. Well kick berhasil ditanggulangi yang ditandai dengan tidak adanya aliran di annulus pada saat pompa lumpur dimatikan dan harga SIDP yang menunjukkan nilai 0. Pelaksanaan penanggulangan well kick dengan menggunakan metode wait and weight sudah optimum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:18
Last Modified: 30 Oct 2017 08:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item