PENGELOLAAN LIMBAH HASIL KEGIATAN TAMBANG EMAS RAKYAT UNTUK PARAMETER MERKURI YANG BERDAMPAK PADA LINGKUNGAN DI DUSUN PLAMPANG II, DESA KALIREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hidayat, Gana Albar Rozzaq (2017) PENGELOLAAN LIMBAH HASIL KEGIATAN TAMBANG EMAS RAKYAT UNTUK PARAMETER MERKURI YANG BERDAMPAK PADA LINGKUNGAN DI DUSUN PLAMPANG II, DESA KALIREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULONPROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

INTISARI Penambangan emas di Dusun Plampang II sejak dulu dikelola secara tradisional tanpa adanya pengawasan dan izin dari pihak pemerintah setempat. Para penambang membuang limbah hasil pengolahan emas secara langsung pada tanah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Membandingkan tingkat konsentrasi kadar merkuri di daerah pertambangan emas rakyat Kulonprogo di Dusun Plampang II menurut Peraturan Pemerintah RI No. 101 Tahun 2014 untuk baku mutu tanah, Peraturan Pemerintah DIY No. 20 Tahun 2008 untuk baku mutu air dan KEPMEN LH No. 202 Tahun 2004 untuk baku mutu tailing; (2) Mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat penambangan emas rakyat bagi lingkungan setempat; (3) Merumuskan strategi pengelolaan pencemaran limbah merkuri di pertambangan emas rakyat di Dusun Plampang II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, pemetaan lapangan dan wawancara, teknik pengambilan sampel tanah adalah systematic sampling dan sampel air adalah purposive sampling, teknik evaluasi dengan analisis SWOT dan Deskriptif Kualitatif. Untuk arahan pengelolaan dilakukan dengan 3 cara yaitu pendekatan teknologi, pendekatan sosial dan pendekatan institusi berdasarkan hasil analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan di Dusun Plampang II memiliki tingkat konsentrasi kadar merkuri pada tanah sebesar 0,08 – 1,45 ppm, sedangkan konsentrasi kadar merkuri pada air permukaan (sungai) di Dusun Plampang II sebesar 0,00006 ppm dan konsentrasi kadar merkuri untuk tailing sebesar 2,696 ppm. Strategi pengelolaan melalui pendekatan teknis dengan cara pembuatan bak/kolam penampungan limbah yang aman dan permanen, fitoremediasi dengan menggunakan tanaman akar wangi, modifikasi peralatan pembakaran amalgam mengadaptasi dari proses destilasi sedangkan untuk aspek hukum dengan cara peraturan tentang pengendalian pencemaran lingkungan untuk mengatur seluruh aktifitas yang dilakukan oleh penambang emas dan untuk aspek sosial dengan cara mengalihkan pekerjaan penambang emas untuk menjadi peternak, berkebun supaya masyarakat maupun pekerja tidak bergantung pada pertambangan emas. Kata Kunci : Penambangan emas rakyat, pencemaran merkuri, SWOT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Oct 2017 03:43
Last Modified: 23 Oct 2017 03:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item View Item