IDENTIFIKASI TERBENTUKNYA PARAFIN DAN PENANGGULANGANNYA PADA PIPA ALIR (FLOWLINE) DARI KEPALA SUMUR SAMPAI MANIFOLD SUMUR ‘MARMO-1’ DI LAPANGAN ‘PETROCHINA INTERNATIONAL JABUNG BLOK’

MITAKDA, VANDEE C. (2017) IDENTIFIKASI TERBENTUKNYA PARAFIN DAN PENANGGULANGANNYA PADA PIPA ALIR (FLOWLINE) DARI KEPALA SUMUR SAMPAI MANIFOLD SUMUR ‘MARMO-1’ DI LAPANGAN ‘PETROCHINA INTERNATIONAL JABUNG BLOK’. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN (TTD).pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-1113.KRR.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Terjadinya endapan parafin pada pipa alir sumur produksi lapangan ”PetroChina International Jabung Blok” merupakan salah satu masalah yang cukup serius, karena dapat mengakibatkan kebuntuan atau tersumbatnya aliran fluida pada pipa alir (flowline) yang pada akhirnya dapat menghambat laju produksi minyak. Endapan parafin yang terbentuk pada pipa alir sumur-sumur produksi lapangan “PetroChina International Jabung Blok” berkaitan dengan perubahan keseimbangan fluida reservoir, khususnya minyak sebagai akibat perubahan kondisi reservoir (tekanan dan temperatur). Penurunan tekanan dan temperatur aliran menyebabkan parafin cenderung untuk mengendap yang pada akhirnya dapat menyumbat pipa alir. Identifikasi terbentuknya parafin dapat dilakukan dengan menentukan apakah karakteristik fluidanya dapat menyebabkan pengendapan parafin, maka perlu data analisa fluida reservoir, data analisa tekanan aliran, dan data analisa penurunan temperatur aliran. Apabila dari hasil identifikasi menunjukkan adanya problem endapan parafin, maka harus dilakukan usaha penanggulangannya. Terdapat berbagai metode untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan endapan parafin yang meliputi: metode mekanis, metode pemanasan, dan metode kimia, metode kimia ini yang digunakan dengan menginjeksikan parafin solvent ke dalam pipa alir. Pada sumur “Marmo-01” mempunyai SG @ 60º/60ºF = 0,8745, ºAPI = 30,3, Viskositas kinematic = 2,997 Cst dan Titik tuang = 36,67 ºC. Pada pipa alir (flowline) sepanjang 109,7 meter didapatkan gradien pressure drop sebesar 0,0904 psi/100ft sehingga total pressure drop pada flowline sebesar 32 psi dan aliran yang terjadi adalah aliran laminer. Aliran dikatakan laminer jika nilai nRe < 2000, dan nRe untuk sumur “Marmo-01” = 1745,0252 hal ini menunjukkan bahwa sumur “Marmo-01” berpotensi terjadi pengendapan parafin pada pipa alir (flowline) nya. Terjadinya pengendapan pada pipa alir diketahui dengan analisa penurunan temperatur alir disepanjang pipa alir (flowline) yang dihitung dengan metode Karge. Kehilangan temperature (heat loss) yang terjadi di pipa alir (flowline) sepanjang 109,7 meter adalah sebesar 60C dan 0,060C/meter. Penurunan temperatur berada pada titik tuang (pour point) 36,67ºC pada sumur “Marmo-01” terjadi pada jarak 66,2 meter dari kepala sumur (wellhead) dan 43,5 meter dari manifold, sehingga parafin akan mulai mengendap dan membeku pada pada jarak yang lebih besar dari 66,2 meter. Penanggulangan terbentuknya endapan parafin dilakukan dengan menginjeksikan parafin solvent PI-7010 ke dalam pipa alir (flowline) secara regular daily melaui flowline spool dengan dosis 25 gallon per day.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:53
Last Modified: 23 Oct 2017 01:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13434

Actions (login required)

View Item View Item