Analisis Framing Pemberitaan Perubahan Harga BBM Pada beritasatu.com dan viva.co.id (November 2014-Januari 2015)

KASIHIUW, DIAN ANGGELA (2017) Analisis Framing Pemberitaan Perubahan Harga BBM Pada beritasatu.com dan viva.co.id (November 2014-Januari 2015). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perubahan harga BBM yang dilakukan oleh presiden Joko Widodo dalam kurun waktu November 2014 – Januari 2015 tersebut telah menjadi bahan yang menarik bagi para jurnalis baik jurnalis tv, online, ataupun surat kabar. Penelitian ini penulis menggunakan media online yakni beritasatu.com dan viva.co.id, karena terdapat perbedaan dalam menanggapi isu tersebut. Dari latar belakang inilah kemudian penulis merumuskan masalah menjadi Bagaimana media online beritasatu.com dan viva.co.id dalam membingkai (frame) pemberitaan perubahan harga BBM dalam kurun waktu November 2014 – Januari 2015? Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pembingkaian beritasatu.com dan viva.co.id dalam memberitakan isu-isu tentang perubahan harga BBM dalam kurun waktu November 2014 – Januari 2015. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis framing. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pada kasus perubahan harga BBM secara garis besar beritasatu.com mendukung keputusan Jokowi. Hal ini terlihat dari isi pemberitaan yang positif dan terlihat mendukung Jokowi. Permasalahan perubahan harga BBM dijelaskan secara jelas bahwa kenaikan ini berguna untuk mengurangi inflasi. Berbeda dengan viva.co.id terang terangan mengkritik keputusan akan perubahan harga BBM. Berdasarkan framing media inilah kemudian penulis melihat bahwa masing-masing media memiliki cara pandang yang berbeda dalam menulis sebuah berita. Cara pandang inilah yang kemudian menjadi hal berbeda di setiap media dalam pemberitaan. Masing-masing bingkai ini yang kemudian menjadi sebuah perantara dalam menyalurkan informasi yang berisikan nilai yang ingin dicapai. Kata Kunci : Analisis Framing, Pemberitaan Perubahan Harga BBM, viva.co.id dan beritasatu.com

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Oct 2017 06:17
Last Modified: 19 Oct 2017 06:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13388

Actions (login required)

View Item View Item