RENCANA PENATAAN LAHAN BEKAS TAMBANG BATUGAMPING BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN DI DESA SAMPUNG, KECAMATAN SAMPUNG, KABUPATEN PONOROGO, PROVINSI JAWA TIMUR

Hardika, Senda Rizki (2017) RENCANA PENATAAN LAHAN BEKAS TAMBANG BATUGAMPING BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN LAHAN DI DESA SAMPUNG, KECAMATAN SAMPUNG, KABUPATEN PONOROGO, PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

INTISARI Penambangan merupakan suatu kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang dapat mengakibatkan perubahan kondisi lingkungan, sehingga diperlukan upaya rehabilitasi lahan dengan cara menata, memulihkan dan memperbaiki kondisi lahan sesuai dengan peruntukannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kerusakan lahan yang terjadi pada lahan tambang dan menentukan teknik pengelolaan lahan bekas tambang menjadi area kawasan hutan. Penelitian berupa tahapan persiapan yaitu pengumpulan data sekunder seperti peta, data iklim dan rencana tata ruang wilayah. Tahapan lapangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan pemetaan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, uji laboratorium tanah dan pengukuran parameter kerusakan lahan. Tahap laboratorium yaitu uji sifat fisik kimia tanah seperti, C-organik, permeabilitas, KTK (Kapasitas Tukar Kation) dan lain-lain. Tahap pasca lapangan diantaranya dari hasil laboratorium kemudian untuk menentukan jenis tanaman yang sesuai. Nilai dari perhitungan parameter kerusakan lahan yang didapat kemudian digunakan untuk menentukan nilai atau skor yang diperoleh untuk menentukan kelas kerusakan lahan. Kemudian dari tingkat kerusakan tersebut dibuat rencana penataan lahan. Dari hasil perhitungan, daerah penelitian seluas 13,5 Hektar (Ha), yang menunjukkan terjadinya tingkat kerusakan lahan yaitu tingkat kerusakan lahan rusak sedang dengan harkat 9. Berdasarkan hasil penelitian ini perlu dilakukan upaya pengelolaan penatagunaan lahan dengan cara pelandaian dengan penataan jenjang. Dalam pembuatan jenjang dengan tinggi 3 meter dan lebar teras 6 meter. Untuk pelandaian lahan material didapat dari pemotongan jenjang. Kemudian melakukan revegetasi dengan sistem pot, tanaman yang dipakai adalah tanaman jati. Kata Kunci: Penambangan Batugamping, Kerusakan Lahan, Skoring, Penataan Lahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:46
Last Modified: 19 Oct 2017 04:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13379

Actions (login required)

View Item View Item