PENGARUH BERBAGAI DOSIS PUPUK ORGANIK GRANUL TERHADAP SERANGAN HAMA, PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata)

MUSTIKARINI, CAHYA (2017) PENGARUH BERBAGAI DOSIS PUPUK ORGANIK GRANUL TERHADAP SERANGAN HAMA, PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SAMPUL.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Jagung manis semakin populer dan banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan jagung biasa. Salah satu usaha untuk meningkatkan produksi tanaman jagung manis di Indonesia dapat dilakukan dengan usaha intensifikasi pertanian. Pengunaan pupuk organik yang diperkaya bahan silikat abuketel dan daun nimba diharapkan mampu menambah ketahanaan tanaman terhadap cekaman lingkungan dan serangan hama dan penyakit. Tujuan penelitian ini (1) menentukan dosis pupuk organik granul yang terbaik bagi pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. (2) menemukan dosis pupuk organik granul yang tepat dalam menekan serangan hama pada tanaman jagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2017 di Kebun Tridharma Pertanian UGM Wonocatur Banguntapan Bantul Yogyakarta. Rancangan yang digunakan dengan Faktor Tunggal dengan 4 perlakuan pupuk granul, dan diulang 6 kali.Varietas tanaman jagung yang digunakan Sweet boy, D1= kontrol menggunakan pupuk anorganik, D2=pupuk granul 10ton/ha, D3=20 ton/ha, D4=30 ton/ha. Analisis Ddata menggunakan sidik ragam pada taraf 5% dan diuji lanjut dengan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT) 5%. Pengamatan yang dilakukan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah dan berat kering brangkasan tanaman jagung. Komponen hasil panen meliputi bobot basah jagung, panjang tongkol, bobot jagung tanpa klobot, intensitas kerusakan tanaman dan populasi hama. Hasil sidik ragam menunjukan pupuk granul berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis serta dapat menurunkan tingkat kerusakan tanaman tetapi tidak mampu menurunkan populasi hama. Kata kunci: jagung manis, pupuk organik granul, kerusakan tanaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:42
Last Modified: 19 Oct 2017 04:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13376

Actions (login required)

View Item View Item