RIFANSYAH, MOHAMMAD (2013) ANALISIS BERBAGI PENGETAHUAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP INOVASI UKM HANDYCRAFT DI KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
Abstraksi.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Selaras dengan konteks UKM di Indonesia sebagai pilar perekonomian UKM memilki karakteristik sebagai usaha padat karya.Dalam memanfaatkan potensi lokal dan memberdayakan UKM akan dapat membantu penciptaan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengangguran. Jika semua pihak pemangku kebijakan memiliki kredibelitas yang dapat dipercaya dan kepedulian terhadap UKM maka akan memfasilitasi berbagai pihak yang terlibat dalam sebuah jaringan kerja sehingga dapat memperoleh pengetahuan baru yang dapat meningkatkan kapabilitas inovasi. Inovasi sebagai faktor kritis dan pemicu perusahaan dalam upaya menciptakan keunikan dan pembaruan produk, proses ataupun sistem pelayanan sehingga mampu mempertahankan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif berbagi pengetahuan dengan konsumen terhadap inovasi. (2)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif berbagi pengetahuan dengan pemasok terhadap inovasi.(3)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif daya serap terhadap inovasi.(4)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif daya serap terhadap berbagi pengetahuan dengan konsumen.(5)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif daya serap terhadap berbagi pengetahuan dengan pemasok.(6)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif karakteristik pengetahuan terhadap daya serap.(7)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif karakteristik pengetahuan terhadap berbagi pengetahuan dengan konsumen.(8)Untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif karakteristik pengetahuan terhadap berbagi pengetahuan dengan pemasok. Penelitian dilakukan pada UKM Handycraft di Kabupaten Bantul yang berlokasi di desa Kasongan,Gendeng,dan jipangan. Pengambilan data dilakukan mulai bulan Juli 2013 hingga bulan Agustus 2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan SEM(stuctural Equation Modelling) Hasil dari analisis SEM(stuctural Equation Modelling) Hasil uji serentak ditemukan bahwa berbagi pengetahuan dengan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi dengan koefisien determinasi sebesar 0,476.Berbagi pengetahuan dengan pemasok berpengaruh postif dan signifikan terhadap inovasi dengan koefisien determinasi sebesar 0,515.Daya Serap berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi dengan koefisien determinasi sebesar 0,531.Daya Serap v berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahuan dengan konsumen dengan koefisien determinasi sebesar 0,414.Daya Serap berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahuan dengan pemasok dengan koefisien determinasi sebesar 0,557.Karakteristik pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya serap dengan koefisien determinasi sebesar 0,514.Karakteristi pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahuan dengan konsumen dengan koefisien determinasi sebesar 0,263.Karakteristik pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap berbagi pengetahuan dengan pemasok dengan koefisien determinasi sebesar 0,494. Kata kunci: Berbagi Pengetahuan dengan Konsumen,Berbagi Pengetahuan dengan pemasok,Daya Serap,Karakteristik Pengetahuan dan inovasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 18 May 2016 02:46 |
Last Modified: | 18 May 2016 02:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1329 |
Actions (login required)
View Item |