TEKNIK PENINGKATAN KEBERHASILAN REKLAMASI DI AREA MERANTI PT. KALTIM PRIMA COAL BERDASARKAN MODIFIKASI KRITERIA EVALUASI LAMPIRAN X-XI, PERMEN ESDM NO. 7 TAHUN 2014

Rahajeng, Annisa Cintia (2017) TEKNIK PENINGKATAN KEBERHASILAN REKLAMASI DI AREA MERANTI PT. KALTIM PRIMA COAL BERDASARKAN MODIFIKASI KRITERIA EVALUASI LAMPIRAN X-XI, PERMEN ESDM NO. 7 TAHUN 2014. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. INTISARI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

INTISARI Pertambangan batubara dengan sistem tambang terbuka dapat merubah lingkungan. Upaya dalam menata, memulihkan, dan memperbaiki lingkungan bekas tambang yaitu dengan reklamasi. Kegiatan reklamasi perlu dilakukan evaluasi keberhasilan sesuai persyaratan PERMEN ESDM Nomor 7 Tahun 2014 Lampiran X-XI, untuk mengetahui persentase keberhasilan reklamasi serta dapat merekomendasikan arahan pengelolaan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi keberhasilan reklamasi di lokasi Meranti PT. Kaltim Prima Coal, memberikan rekomendasi teknik pengelolaan untuk memperbaiki lahan reklamasi agar persentase keberhasilan reklamasi mencapai 100%. Penelitian diawali dengan survei parameter penataan lahan, tanah, bangunan pengendali erosi dan pengelolaan air, tanaman penutup, tanaman cepat tumbuh, tanaman lokal, pengendalian Air Asam Tambang (AAT), pertumbuhan tajuk tanaman, dan perawatan tanaman. Metode pengambilan sampel tanah dengan purposive sampling, sampel air dengan grab sampling, dan sampel vegetasi dengan simple random sampling dalam ukuran plot 20x20 m dan 1x1 m. Analisis sampel dilakukan secara matematis dan laboratorium. Realisasi kegiatan reklamasi disesuaikan dengan dokumen rencana reklamasi. Setelah itu pengisian form evaluasi reklamasi modifikasi Lampiran X-XI PERMEN ESDM No. 7 Tahun 2014 dengan metode checklist dan deskriptif developmental, untuk mendapatkan persentase keberhasilan reklamasi yang nantinya sebagai rujukan teknik pengelolaan. Persentase keberhasilan reklamasi lokasi Meranti mencapai nilai 83,25%. Oleh sebab itu direkomendasikan arahan pengelolaan yaitu penanganan air asam pada Tyre Drop Structure (TDS) menggunakan batugamping sebagai isi ban, penggunaan kapur dalam perawatan tanah asam, penanganan erosi dengan jerami dan tanaman bambu, pemilihan tanaman jenis cepat tumbuh dan tanaman lokal yang adaptif, penggunaan jarak tanam 2x3 m, penanaman tanaman peruntukan kawasan zona lindung, memenuhi kriteria keberhasilan reklamasi sehingga menyumbang oksigen dan habitat untuk kebutuhan makhluk hidup, bekerjasama dengan institusi pendidikan terkait reklamasi di PT. Kaltim Prima Coal. Kata Kunci: Reklamasi, Modifikasi Lampiran X-XI PERMEN ESDM No. 7 Tahun 2014, Evaluasi Keberhasilan Reklamasi, Arahan Pengelolaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:56
Last Modified: 12 Oct 2017 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13276

Actions (login required)

View Item View Item