PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MULTI ITEM DENGAN BATAS WAKTU KADALUWARSA MENGGUNAKAN PENDEKATAN EPQ (ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY) (Studi Kasus di CV Berkah, Piyungan, Prambanan)

Galih Nurhikmatul Jannah, Diah (2017) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MULTI ITEM DENGAN BATAS WAKTU KADALUWARSA MENGGUNAKAN PENDEKATAN EPQ (ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY) (Studi Kasus di CV Berkah, Piyungan, Prambanan). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TA_Diah Galih_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Diah Galih_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Diah Galih_Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Diah Galih_Lembar Pengesahan.pdf

Download (997kB) | Preview

Abstract

CV Berkah merupakan usaha industri yang bergerak dibidang pembuatan makanan jenis roti salah satu produknya yaitu roti pia. Dalam pemesanan bahan baku dilakukan dalam beberapa kali pengiriman. Bahan baku yang dibutuhkan yaitu kacang hijau dan kelapa tersebut memiliki waktu simpan yang terbatas. Hal itu membuat banyak bahan baku yang tersisa dan tidak dapat digunakan lagi karena telah melebihi batas kadaluwarsa. Oleh karena itu, diperlukan strategi pada persediaan bahan baku multi item yang memiliki batas waktu kadaluwarsa agar tidak menimbulkan kerugian. Penelitian ini membahas mengenai strategi pemesanan optimal pada persediaan bahan baku multi item yang memiliki batas waktu kadaluwarsa. Karakteristik kasus pada CV Berkah identik dengan Metode Economic Production Quantity (Tersine, 1994). Tingkat produksi lebih besar daripada tingkat pemakaianya dan bersifat konstan serta adanya penambahan bertahap secara terus menerus untuk stock (terbatasnya tingkat pengisian) selama periode produksi. Namun, terdapat kekurangan karena tidak memperhatikan batas waktu kadaluwarsa. Maka dari itu, perlu dilakukan modifikasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penyelesaian masalah dengan menggunakan model yang dikembangkan mampu memberikan solusi kuantitas pemesanan yang optimal dan waktu pemesanan. Validasi dilakukan dengan cara membandingkan kuantitas pemesanan terhadap perubahan nilai parameternya. Selain itu dengan menguji validasi model dengan mengubah seluruh nilai parameter. Hasil validasi menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dapat memberikan hasil optimal. Kata kunci: Economic Production Quantity, multi item, waktu kadaluwarsa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2017 07:26
Last Modified: 03 Oct 2017 07:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13151

Actions (login required)

View Item View Item