Teknologi Pemupukan Padi Sawah dengan Variable Rate Application (VRA) dan Aplikator Gledur dalam Pertanian Presisi di Kabupaten Sragen

Padmini, Oktavia S and Virgawati, Sari and Eko Poerwanto, Mofit (2015) Teknologi Pemupukan Padi Sawah dengan Variable Rate Application (VRA) dan Aplikator Gledur dalam Pertanian Presisi di Kabupaten Sragen. In: Prosiding Seminar Nasional Call Paper dan Pameran Hasil Pertanian dan Pengabdian Masyarakat Kmenristek Dikti RI (Eksak), 2015, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PROSIDING LPPM HIBER II.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan di Kabupaten Sragen, dilaksanakan bulan Maret sampai Juli 2015. Rancangan percobaan lapangan menggunakan perlakuan Petak Terbagi, disusun dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dan diulang 3 kali dengan ukuran petak 10 m x 6 m. Petak Utama adalah Metode Budidaya Padi Sawah terdiri atas 2 aras yaitu: 1). Budi daya padi cara URA (Uniform Rate Application) dan 2). VRA (Variable Rate Application). Anak Petak adalah Dosis pupuk N, P dan K terdiri atas empat aras, yaitu 1) Pupuk yang digunakan sebagian besar petani di lokasi setempat (Pupuk majemuk PONSKA dosis 7500 kg/ha), 2). Dosis pupuk Ponska 50 % dosis petani+ pupuk organik 2 ton/ha, 3). Dosis pupuk urea 300 kg/ha+ pupuk organik 2 ton/ha (berdasarkan data PUTS kandungan P dan K tinggi DAN 4). Dosis pupuk urea rekomendasi penelitian tahun I melalui PuPS lokasi setempat (100 kg Urea/ha)+pupuk organik 2 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi VRA pemupukan padi sawah dengan Gledur meningkatkan pertumbuhan dan hasil. Teknologi tersebut mampu meningkatkan 13,2 % bobot gabah kering panen. Pupuk organik 2 ton/ha mampu mensubtitusi pupuk 50% Ponska dan urea dengan meningkatkan hasil 6.65% dibandingkan dengan dengan pemupukan kimia dosis petani. Pupuk organik 2 ton/ha+100 kg urea/ha tidak mampu meningkatkan hasil.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Oktavia Sarhesti Padmini
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:46
Last Modified: 04 Oct 2017 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item